Simak, Olahraga Yang Bisa Anda Lakukan Pasca Sakit

Scroll down to content

Bagi Anda yang baru sembuh dari sakit baik berat atau pun ringan, tidak boleh sembarangan melakukan aktifitas fisik seperti olah raga. Karena saat sedang sakit tentu tubuh tidak bisa dipaksa untuk melakukan olahraga.

Sekalipun bagi seorang atlet, tubuhnya tetap butuh jeda untuk beristirahat dan kembali pulih.

Di saat badan mulai membaik, tubuh Anda baru diizinkan berolahraga. Itu pun dengan intensitas yang ringan. Spesialis kedokteran olahraga dr. Michael Triangto SpKO, menyampaikan olahraga tujuannya pasti untuk membuat tubuh agar lebih bugar.

Tapi bagi orang yang baru sembuh sakit disarankan tidak langsung melakukan olahraga berat.

“Kita anjurkan dia jalan saja. Keliling komplek, keliling rumah. Dengan melengkapi diri pakai masker,” kata Michael.

“Karena dia sedang dalam kondisi baru sembuh. Jangan sampai nanti terinfeksi lagi penyakit,” tambahnya.

Kemudian, saat kondisi sudah benar-benar pulih, intensitas olahraga bisa ditingkatkan.

Michael juga bilang, normalnya waktu olahraga yang direkomendasikan yaitu 150 menit dalam satu minggu.

“Jadi kalau lima hari dalam seminggu cukup 30 menit per hari. Kalau dibuat jadi hanya dua kali pasti terlalu panjang, jadi kita cicil saja. Karena masih aman untuk awam,” katanya.

Sementara itu pemilihan waktu olahraga, Michael menyampaikan, tidak menjadi masalah.

Sumber : Suara.com
Foto : Pixabay

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: