Setelah Beli Sayur Langsung Disimpan atau Dicuci?

Scroll down to content

Mencuci sayuran sebelum dikonsumsi adalah suatu kewajiban. Sayuran yang dibeli bisa saja masih terdapat kandungan pestisida.  Tidak hanya itu, sebelum sayuran tersebut dibeli oleh konsumen, tentu saja melalui beberapa pihak dan tentunya mengandung jutaan kuman dan bakteri. Mencuci sayuran sebelum dikonsumsi tujuannya untuk menghilangkan unsur pestisida yang masih menempel. Meskipun tidak semua sayuran dapat dicuci dengan cara yang sama, tetapi kebanyakan dari konsumen melakukan ini sebelum mengkonsumsinya. Ada juga, konsumen yang membeli beberapa sayuran, lalu kemudian dibekukan agar tahan lama, namun tidak dicuci. Hal ini dinilai kurang tepat, karena seharusnya sebelum dibekukan, sayuran tersebut harus dibersihkan atau dicuci denganair.                                                                                                                                                                                                                                                                   Sayuran yang tidak dicuci dan langsung dibekukan, mengandung banyak kuman dan bakteri. Sebelum disimpan, alangkah baiknya dicuci bersih untuk menyingkirkan kotoran dan bakteri. Ternyata, tidak hanya sayuran saja yang harus diperhatikan. Makanan pokok kita, yaitu beras juga masih ada beberapa konsumen yang salah dalam metode membersihkannya. Sebelum dimasak, tentu saja beras harus dicuci terlebih dahulu. Baiknya, beras harus dicuci dan dibilas sebanyak 3 hingga 4 kali sebelum dimasak. Tajin yang menutupi beras, jika beras tidak dicuci dengan bersih. Tajin atau pati beras bisa menyebabkan nasi menggumpal dan terlihat tidak menarik.

Lalu, bagaimana dengan buah? Apakah buah juga harus dicuci bersih sebelum disimpan dalam lemari pendingin? Well, kamu hanya perlu mencuci buah saat akan disajikan. Kenapa bisa berbeda dengan sayuran? Karena jika buah tersebut kamu cuci, tingkat kelembaban dapat mendorong pertumbuhan bakteri. Jadi, lebih baik tidak mencucinya kecuali sudah siap untuk dikonsumsi. Dikutip dari beberapa situs lainnya, Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat sudah memberikan pernyataan banyaknya yang jatuh sakit akibat makanan yang terkontaminasi setiap tahunnya. Oleh karena itu, beberapa alasan mengapa penting untuk membilas setiap buah dan sayuran yang kamu konsumsi dengan air. Hal ini dimaksudkan karena sering ada kotoran pada buah sebelum dicuci dan banyak buah yang disemprot dengan pestisida, yang tidak selalu aman untuk dikonsumsi.

Mencuci buah dan sayuran tetap menjadi salah satu cara terbaik untuk melindungi diri kamu dari penyakit dan kontaminasi bahan kimia. Terapkan pola hidup sehat agar kamu dapat terhindar dari penyakit yang berbahaya yah! Terutama di saat pandemi yang belum kunjung usai, tetap jaga kebersihan dimanapun kamu berada. Salam sehat!

pic by shutterstock

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: