Cermati Tanda Tubuh Kurang Makan Sayuran

Scroll down to content

Tidak semua orang senang mengonsumsi sayuran. Bahkan beberapa orang harus dipaksa untuk mengonsumsinya. Ada lagi, modifikasi sayuran menjadi olahan makanan untuk mengatasi orang-orang yang tidak menyenangi sayuran.

Rasa sayuran dikenal hambar atau tak memiliki rasa, atau bahkan kadang pahit. Tapi kandungan seratnya dibutuhkan tubuh.

Salah seorang ahli diet bersertifikat Maggie Michalczyk bilang sayuran bermanfaat bukan saja perkara pemenuhan serat melainkan juga kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan.

Pelbagai kandungan zat diperlukan agar tubuh berfungsi baik sekaligus membantu mencegah penyakit kronis.

Sementara ahli gizi di Academy of Nutrition and Dietetics, Yasi Ansari membeberkan sayuran merupakan sumber serat terbaik untuk mendukung sistem pencernaan. Bagian terbaiknya, Anda tak perlu makan sayuran dalam jumlah banyak untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Para ahli membuat daftar tanda-tanda orang yang kekurangan konsumsi sayuran. Dengan mengenali indikasi berikut, Anda bisa mulai memasukkan daftar sayuran ke menu makanan sehari-hari.

  • Gampang lapar
    Sayuran yang kaya akan serat akan membantu meningkatkan rasa kenyang dan bertahan lama. Karena itu ahli gizi, Yasi Ansari menjelaskan tak cukup makan sayuran berpotensi ingin terus makan atau ngemil–sekalipun baru saja makan sesuatu.
  • Kulit kusam
    Ahli gizi lain, Keri Gans dikutip dari laman Medical Daily menerangkan, sayuran mengandung antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas–yang merusak tekstur kulit. Ia mencontohkan, sayuran seperti tomat akan menghidrasi kulit Anda.
  • Rentan kram otot
    Seorang ahli gizi Charlotte Martin mengatakan otot membutuhkan kalium yang cukup untuk kontraksi otot polos. Kondisi kram ataupun kedutan otot bisa jadi tanda bahwa Anda memiliki kadar mineral yang sangat rendah.
  • Sembelit
    Kecukupan serat juga berpengaruh pada saluran pencernaan. Ahli gizi Yasi Ansari menjelaskan, sayuran dengan kandungan serat yang diperlukan tubuh akan menambah tumpukan sampah tapi juga mempercepat pemindahan ‘sampah’ tubuh itu keluar melalui usus.
  • Mood atau suasana hati buruk
    Sayuran merupakan sumber penting berbagai vitamin dan mineral bagi tubuh. Ahli diet Maggie Michalczyk mengungkapkan, kurang makan sayur dan hanya fokus pada makanan tinggi karbohidrat juga lemak akan berisiko menimbulkan ledakan energi yang diikuti kelelahan, ingatan yang lemah dan, perubahan suasana hati.

Sumber : CNN Indonesia

Foto : Balitbang Kementan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: