Simak 5 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan, Salah Satunya Bisa Cegah Kanker

Scroll down to content

Buah Sirsak adalah salah satu buah tropis yang mudah ditemukan di Indonesia. Meski pun bukan asli berasal dari Indonesia ternyata buah ini berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Biasanya saat panas terik sirsak diolah menjadi jus yang menyegarkan, tapi dapat juga diolah menjadi manisan, permen, ataupun dodol. Pada daerah-daerah lain, sirsak memiliki banyak sebutan yang berbeda seperti nangka Belanda atau durian Belanda.

Buah sirsak biasanya berbentuk menyerupai jantung dan berwarna hijau. Dagingnya juga kenyal dan berwarna putih yang kaya akan serat. Setiap 100 gram daging sirsak yang dikonsumsi mengandung 3,3 gr serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat setiap hari.

Selain buahnya yang banyak dikonsumsi secara langsung, daun dari buah satu ini juga memiliki jutaan manfaat bagi kesehatan. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut 5 manfaat daun sirsak yang baik bagi kesehatan tubuh.

  1. Mengobati Kolesterol
    Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah bisa mengobati kolesterol. Kolesterol seringkali banyak menyebabkan komplikasi penyakit. Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi, daun sirsak bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya.
  2. Mengobati Kanker
    Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang lainnya adalah dapat mengatasi penyakit kanker. Daun sirsak dikenal dapat menghambat sel kanker lebih cepat dibandingkan dengan pengobatan dengan kemoterapi. Kandungan acetogenin pada sirsak dapat menyembuhkan pasien pengidap penyakit kanker. Fungsi acetogenin ialah menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin.
  3. Mengobati Diabetes
    Diabetes merupakan penyakit yang seringkali mengintai orang-orang baik orang tua maupun anak muda. Tidak membedakan pria dan wanita, penyakit ini juga sama-sama berpotensi dapat terkena penyakit ini. Senyawa pada daun sirsak membuktikan bahwa daun sirsak dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikannya normal. Hal ini dikarenakan saun sirsak kaya akan kandungan antioksidan seperti senyawa saponin, bioflavonois dan polifenol.
  4. Mengobati Asam Urat
    Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang berikutnya adalah dapat membantu mengobati penyakit asam urat. Sama halnya untuk mengobati sel kanker kandungan acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat pun dimanfaatkan pula untuk mengobati asam urat.
  5. Mengobati Penyakit Paru-paru
    Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang lainnya adalah dapat digunakan sebagai obat pencegah penyakit paru-paru. Hal ini karena dalam daun sirsak terdapat kandungan acetogenin yang bermanfaat untuk menghambat perkembangan virus yang menyerang paru-paru. Daun sirsak ini dapat mengatasi penyakit paru-paru basah maupun kering.

Sumber : Merdeka.com
Foto : Tokopedia

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: