Puasa, Cara Teraman dan Tersehat Memperbaiki Tubuh

Scroll down to content

Banyak orang yang menggangap puasa identik dengan ritual keagamaan. Puasa dikenal hanya dilakukan oleh umat muslim menjelang Hari Raya Idul Fitri. Namun, sebenarnya puasa bisa dilakukan oleh siapapun loh! Tidak terhalang baik oleh agama dan budaya. Puasa merupakan  upaya seseorang untuk kuat menahan lapar dan dahaga dari matahari tenggelam hingga matahari terbit, kurang lebih dari 13 hingga 20 jam. Ada pula yang mendefinisikan puasa sebagai pantangan untuk makan atau minum yang dilarang dalam jangka waktu tertentu. Tentu saja, cara berpuasa setiap orang berbeda-beda. Puasa diyakinin mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat dari berpuasa yang dilansir dari situs Lifestyle Kompas, antara lain seperti :

  • Puasa menjadi salah satu cara yang paling aman untuk menurunkan berat badan. Tubuh akan untuk menggunakan lemak sebagai sumber utama energi..
  • Puasa memberikan efek positif pada sensitivitas insulin, karena insulin menjadi lebih efektif dalam mengambil glukosa dari darah.
  • Puasa dapat membakar kalori dan lemak secara lebih efisien. Puasa akan meningkatkan fungsi usus yang sehat, dan jika usus sehat pada akhirnya akan meningkatkan fungsi metabolisme tubuh.
  • Puasa dapat mengatur hormon rasa lapar yang nyata. Semakin lama berpuasa, semakin banyak tubuh kita dapat mengatur dirinya sendiri untuk melepaskan hormon yang tepat. Dengan cara ini, kita mampu merasakan rasa lapar yang sebenarnya. Ketika hormon bekerja dengan benar, kita juga bisa merasa kenyang lebih lama.
  • Meningkatkan fungsi otak karena meningkatnya produksi protein. Protein ini juga melindungi sel-sel otak kita dari perubahan yang terkait dengan penyakit Alzheimer dan Parkinson.
  • Meningkatkan sistem imun tubuh, mengurangi kerusakan radikal bebas, mengatur kondisi peradangan dalam tubuh dan mencegah pembentukan sel kanker.
  • Puasa mencerahkan kulit, membantu membersihkan kulit dan mencegah munculnya jerawat.

Tidak makan apa pun selama satu hari terbukti membantu tubuh membersihkan racun dan mengatur fungsi organ tubuh lainnya seperti hati, ginjal dan bagian lainnya. Dengan melakukan puasa, maka tubuh pun akan melakukan proses detoksifikasi yaitu pembuangan zat-zat atau racun yang tidak diperlukan tubuh secara optimal. Tidak hanya itu, sel-sel dalam organ tubuh kita melakukan proses regenerasi atau pembaharuan sel dengan baik. Ternyata puasa itu sangat baik bagi tubuh. Tertarik untuk mencobanya?

Pic by shutterstock

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: