Dokter Ingatkan Sarung Tangan Bisa Sebabkan Penularan Corona

Scroll down to content

Warga diingatkan kembali agar tidak sembarangan menggunakan sarung tangan. Pasalnya, penggunaan karet atau plastik sarung tangan justru bisa memicu peningkatan penularan infeksi virus corona (Covid-19).

“Jangan dikira menggunakan sarung tangan itu aman. Sebab [bahan] karet yang menutup kulit tangan kita itu justru memicu kelembapan di mana virus corona menjadi lebih lama bertahan,” ujar Direktur RSUD dr Iskak, Tulungagung, Supriyanto di GOR Lembupeteng, Tulungagung, Jawa Timur, Rabu (16/7).

Hal yang berbeda akan terjadi jika tangan dibiarkan terbuka tanpa sarung tangan. Suhu udara bercampur angin kering yang menerpa permukaan kulit, sebut Supriyanto, akan membuat virus maupun bakteri cepat mati.

Alih-alih demikian, Supriyanto menegaskan bahwa rajin mencuci tangan lebih penting dari sekadar memakai sarung tangan.

“Yang jauh lebih penting itu adalah kebiasaan cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir ataupun memakai hand sanitizer,” katanya.

Pemakaian sarung tangan, lanjut Supriyanto, hanya direkomendasikan untuk petugas medis ataupun kegiatan nonmedis yang berkaitan dengan kebersihan benda yang tersentuh atau dipegang.

Penggunaan sarung tangan juga harus dilakukan dengan mengikuti protokol yang berlaku. Memakai dan melepas sarung tangan harus dilakukan dengan benar, diikuti dengan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

“Jika digunakan sembarangan, apalagi oleh warga tanpa tahu prosedur yang benar, bisa jadi bumerang. Membahayakan diri sendiri dan orang lain tentunya,” kata Supriyanto.

Sumber : Antara

Foto : Pixabay

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: