World Ice Cream Day, Hari Perayaan Es Krim Sedunia

Scroll down to content

Es krim tentu saja menjadi makanan kecintaan seluruh rakyat. Rasanya yang manis dan dimakan saat dingin menjadi ciri khas dari es krim. Es krim terbuat dari krim atau lemak mentega yang dicampur dengan susu, gula, perasa dan pemanis. Keberadaan es krim sendiri sudah ada sejak 200 sebelum masehi di China. Pada jaman dulu, es krim diambil dari salju  pegunungan dan dihidangkan bersama buah-buahan dan madu.  Tak disangka, es krim sudah berevolusi baik dari resep dan teknik untuk membuatnya menjadi lebih menarik. Pada tahun 1874, Philadelphia menjadi pusat pembuatan es krim di Amerika Serikat. Es krim mulai dibuat dengan teknik berbeda yakni dengan menggabungkan susu, krim, sirup, gula, telur kemudian dipasteurisasi (proses pemanasan) dan dihomogenisasi atau beberapa proses yang digunakan untuk membuat campuran menjadi beragam. Menarik bukan?

Selama ini kita hanya mengetahui es krim tanpa mengetahui proses pembuatannya. Semakin berkembangnya jaman, perkembangan es krim pun menjadi lebih bervariasi. Seperti yang dilansir dari Media Indonesia, es krim telah terbukti secara ilmiah dapat membantu membuat seseorang merasa senang, mengubah mood yang negatif menjadi positif, serta membuat mood yang sudah positif menjadi lebih bahagia. Sensasi es krim yang dingin dan menyegarkan, rasa yang lezat dan tampilan yang berwarna. Es krim disukai oleh semua golongan, tetapi tanpa dipungkiri es krim lebih banyak digandrungi oleh anak-anak. Di situasi pandemi saat ini, anak-anak pasti merasa bosan karena berkurangnya aktifitas diluar serta ditiadakannya aktifitas sekolah. Salah satu untuk mengusir rasa bosan tersebut adalah dengan menikmati es krim.

Saking populernya es krim, dunia pun ikut merayakannya. World Ice Cream Day atau Hari Es Krim Sedunia diperingati setiap hari Minggu ketiga di bulan Juli setiap tahunnya. Hari Es Krim Sedunia pada awalnya dicanangkan oleh Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan pada tahun 1984. Pada tahun 2020 ini, Hari Es Krim Sedunia jatuh tepat pada hari Minggu 19 Juli 2020. Seluruh negara merayakan hari ini, tak terkecuali Indonesia. Untuk bisa turut merayakan Hari Es Krim Sedunia, kamu bisa datang saat Jakarta CFD (Car Free Day) pada Minggu, 21 Juli 2019 untuk ikut menyemarakkkan Hari Es Krim Sedunia.

Bersama keluarga menikmati cemilan sederhana, cukup bahagia bukan? Eits, jangan lupa untuk tetap menggunakan masker, mengikuti protokol kesehatan dan tetap jaga jarak yah!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: