Setelah Tiongkok, Indonesia Juga Datangkan Kandidat Vaksin Covid-19 dari Inggris

Scroll down to content

Pemerintah Indonesia manargetkan terciptanya vaksin Covid-19 yang bakal diproduksi massal pada tahun 2021. Setelah menguji vaksin dari Tiongkok, pemerintah juga menguji kandidat vaksin lain dari Inggris.

“Kita akan mengembangkan vaksin dan diharapkan bisa diproduksi tahun depan. Saat ini masih dalam tahap uji klinis oleh PT Bio Farma,” ujar Juru Bicara Komite Penanganan Covid-19 & Pemulihan Ekonomi Nasional Wiku Adisasmito di kantor Kementrian Bidang Perekonomian, Selasa 21 Juli 2020.

Kata Wiku, proses distribusi vaksin juga akan membutuhkan waktu yang lama. Walau demikian, pemerintah mengakui memiliki target produksi dalam jumlah yang besar di tahun depan.

Selain vaksin, Wiku menjelaskan, pemerintah fokus untuk menyebarkan tes PCR di berbagai daerah. Jika cakupan tes PCR sudah melebar, akan mengurangi rapid test secara bertahap. Pasalnya, akurasi rapid test lebih rendah jika dibandingkan dengan PCR

“Jadi kita sedang menguatkan PCR di berbagai daerah, dan kualitasnya juga ditingkatkan. Nanti pada saat cakupannya meningkat otomatis nanti rapid test akan mulai dikurangi,” tutur dia.

Sebelumnya, Indonesia sedang mengembangkan vaksin virus corona (Covid-19) buatan Sinovac dari Tiongkok. Vaksin itu kemudian akan menjalani uji klinis tahap III yang dilakukan oleh PT Bio Farma (Persero). Selain dari Tiongkok, pemerintah juga mengembangkan vaksin dari Inggris.

Sumber: Pikiran Rakyat
Foto :Antara/Reuters/Dado Ruvic

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: