Memilih Tato Tubuh Karena Tergiur Harga Murah? Ketahui Dampaknya

Scroll down to content

Tato merupakah suatu kata yang berasal dari bahasa inggris, namun tidak asing didengar sehingga menjadikannya seperti bahasa sehari-hari. Tato dikenal sebagai lukisan pada kulit manusia yang berwarna. Beberapa orang bahkan mentato tubuhnya dengan lukisan atau nama seseorang pada beberapa anggota tubuh. Biasanya tato akan terlihat pada anggota tubuh seperti punggung, lengan, tangan. Tato dibuat dengan cara memasukkan pigmen ke dalam lapisan kulit yang bersifat permanen dengan menggunakan jarum. Teknik ini dikenal dengan melukis pada tubuh. Jarum tersebut digunakan untuk menusuk kulit kemudian memasukkan zat warna ke dalam tusukan tersebut.

Tidak hanya anggota tubuh seperti tangan, beberapa wanita bahkan melakukan tato pada alis atau pada bibir. Teknik ini digunakan sebagai teknik make up permanen, agar seseorang tidak perlu repot bersolek. Yang penting untuk diketahui adalah, segala sesuatu yang dimasukkan ke dalam tubuh, mungkin saja dapat berisiko untuk kesehatan, tanpa diketahui. Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan tato pada bagian tubuhmu, kamu harus memastikan bahwa tato dilakukan oleh profesional dan tidak menggunakan peralatan yang seadanya, mengingat tato menggunakan jarum dan berhubungan dengan kulit, tentu saja seluruh peralatan yang digunakan harus steril. Bisa saja, seseorang tertarik melakukan Tato pada tubuhmu karena tergiur harga murah. Harga murah bukanlah jaminan. Jika pembuatan tato tersebut tidak menggunakan alat yang steril, maka akan meningkatkan risiko infeksi, yang tentunya berdampak pada kondisi kesehatan, seperti :

  • Infeksi virus, bakteri, ataupun jamur seperti HIV atau hepatitis C, Mycobacterium chelonae, yang dapat menyebabkan kulit menjadi merah, bengkak, sakit, atau mengering.
  • Reaksi alergi seperti pembengkakan atau ruam pada kulit, yang bisa dikarenakan tinta atau pewarna sudah merusak jaringan pada kulit, atau gatal-gatal.
  • Menimbulkan keloid, yang mempengaruhi penampilan dibanding kesehatan, karena mudah terlihat oleh orang.

Efek jangka panjang tinta tato dapat berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh, dan berpotensi menjadi racun karena beberapa mengandung senyawa karsinogenik. Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu terlebih dahulu orang-orang yang proffesional dalam bidangnya untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi atau alergi yang bisa saja terjadi dikemudian hari, mengingat bahwa dampaknya baru akan terlihat dalam jangka panjang.

pic by shutterstock

sumber : diolah dari sumber lainnya

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: