Tips Agar Tidak Tertipu Produk Endors

Scroll down to content

Sudah bukan asing lagi di telinga jika mendengar kata endorsement. Endorsementatau sering disebut endors merupakan sebuah istilah pemasaran baru di dunia sosial media, salah satunya Instagram. Endors ini biasanya dipromosikan oleh sebagian kalangan publik figur, selebgram atau selebriti instagram, dan influencer atau seseorang yang dapat memberikan banyak pengaruh di masyarakat. Kalangan influencer bisa dari vlogger, youtuber, atau selebritis, atau orang-orang yang bukan dari kalangan tersebut namun memiliki intergritas terhadap apa yang dipasarkannya.

Tujuan dari endorsement adalah memiliki engagement antara pebisnis dan para pengikutnya atau follower untuk menaikkan jumlah comment dan likes dalam akun instagram mereka. Hal ini dinilai akan berdampak pada penjualan sebuah produk dan jasa. Endorsement dinilai sangat efektif untuk menaikkan target penjualan atau sekedar mempromosikan produk yang mereka jual. Dalam dunia sosial media, kita mengetahui bahwa hampir semua pebisnis melakukan endors produk dan jasa, baik itu makanan, kecantikan yang meliputi komestik, produk perawatan kulit dan wajah, suplemen diet sampai dengan barang-barang lainnya. Bermodalkan “dimodali” akhirnya seseorang dapat tergiur mendapatkan produk gratis tanpa mencari tahu keabsahan dari produk atau jasa tersebut.

Sebagai pengguna sosial media, tentu saja kita harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai informasi produk tersebut. Produk-produk yang berkaitan dengan kecantikan, akan sangat berbahaya jika sembarang dikonsumsi atau digunakan. Sebagai konsumen, ada baiknya kita harus lebih berhati-hati sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Jangan heran, beberapa produk meskipun dipromosikan belum tentu legal, loh! Untuk produk-produk tertentu, kamu harus pastikan bahwa  produk tersebut sudah memiliki izin edar dari BPOM yang sah. Artinya, produk tersebut sudah aman untuk dikonsumsi, tidak akan berdampak negatif pada kesehatan, baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Biasanya untuk produk endors, pemberian informasi yang diberikan sangat terbatas, lebih ke fungsi dan cara penggunaannya saja. Untuk itu, jangan lupa cek kemasan produk seperti tanggal produksi atau tanggal kadarluasa atau komposisi dari produk itu sendiri.  Tambahannya, kamu juga bisa mencari testimoni atau info dari orang-orang yang sudah mencoba agar lebih yakin sebelum memberli. Hal ini bertujuan agar tidak merugikan para konsumen nantinya. Teliti sebelum membeli adalah keharusan, apalagi jika untuk digunakan atau dikonsumsi pribadi.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: