Tips Mengembalikan Nafsu Makan yang Hilang Akibat Stres

Scroll down to content

Orang yang rentan terhadap stress akan berdampak pada gaya hidup dan nafsu makan. Apalagi sebagian orang rentan terkena stres selama masa pandemi virus corona. Tiap orang menghadapi dan mengelola stres dengan cara berbeda.

Pekerja sosial klinis dan terapis di DRK Beauty Healing Joi Britt mengungkapkan bahwa stres dapat mempengaruhi nafsu makan yang wujudnya beragam. Ada yang gemar mengunyah, tapi sebaliknya, ada pula yang justru hilang nafsu makannya.

Berikut tips mengembalikan nafsu makan akibat stres :

  1. Buat jadwal
    Bagi mereka yang mengalami stres, mengembalikan nafsu makan kerap jadi pekerjaan yang sulit. Britt mendorong untuk membuat jadwal atau mengatur alarm sebagai pengingat.
  2. Fokus pada makanan yang mudah dicerna
    Dalam memilih makanan, temukan keseimbangan antara apa yang Anda nikmati dan apa yang mudah dicerna tubuh. Moore berkata, biasanya saat cemas, kadang hilangnya nafsu makan datang bersamaan dengan mual. Ketika mulai timbul keinginan untuk makan makanan tertentu, hindari penilaian diri secara negatif.
  3. Membuat momen makan menyenangkan
    Saat menyoal pengalaman makan, lingkungan benar-benar penting untuk diperhatikan. Ada baiknya mempertimbangkan makan bersama orang-orang terkasih.Meski hanya secara virtual.
  4. Latihan bersyukur
    Bersyukur memainkan peranan penting dalam pengalaman makan yang positif terutama saat mengalami stres. Bersyukur membantu mengangkat pikiran dan energi lebih positif.
  5. Terapi
    Langkah terapi sangat disarankan untuk diambil agar Anda memperoleh dukungan dari orang di luar kerabat atau teman dekat. Dengan begitu, makan, tidur dan aktivitas lain pun bakal kembali normal.

Sumber : CNN Indonesia

Foto : Kleber Corderio

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: