Apa Itu Incesure? Mengapa Seseorang Mudah Merasa Insecure?

Scroll down to content

Pernahkah kamu merasa tidak percaya diri, misalnya ketika sedang berada di keramaian atau ketika sedang melihat diri sendiri seperti terasa ada yang kurang? Jika pernah, mungkin tanpa disarani, kamu sudah merasa insecure. Mungkin masih banyak yang tidak mengetahui kata-kata dan maksud dari insecure. Rasa insecure merupakan suatu bentuk keragu-raguan dan tidak percaya diri sama sekali. Setiap orang pernah merasa tidak percaya diri, tetapi hal tersebut berbeda jika sampai mempengaruhi setiap aspek di kehidupan atau bahkan merugikan diri sendiri. Seseorang yang biasanya merasa insecure akan mudah iri terhadap orang lain atau bahkan membenci orang lain, tentu saja ini tidak sehat untuk kesehatan mental.

Insecure merupakan hal yang normal saja terjadi di kehidupan manusia, selama tidak menggangu kesehatan fisik, emosional, dan keseharian. Seseorang yang mengalami insecure pada umumnya tidak menyadari bahwa dirinya merasa insecure. Berikut adalah beberapa tanda yang terjadi ketika seseorang mengalami insecure, antara lain:

  • Tidak percaya diri dan malu, tidak menyukai dirinya sendiri hingga membenci keadaan dalam dirinya.
  • Merasa ketakutan yang sangat berlebihan, terutama pada hal-hal kecil.
  • Jika berada dalam lingkungan baru mudah cemas dan tidak nyaman dan ingin segera keluar dari lingkup tersebut.
  • Selalu membandingin kehidupan orang lain yang terasa lebih baik dari kehidupan dirinya sendiri.

Jika ada salah satu hal diatas yang kamu rasakan, mungkin tanpa disadari kamu sudah merasakan insecure. Jika rasa insecure ini tidak segera diatasi,  salah satu pengaruh yang paling cepat terlihat ada pada kesehatan mental. Cobalah untuk mencintai dirimu sendiri, karena Tuhan pun menciptakan manusia tidak akan sama satu sama lain. perbedaan bentuk fisik dan kemampuan, merupakan sesuatu yang unik yang seharusnya tidak dibanding-bandingkan dengan orang lain. Jika hal ini kerap berlangsung, pada umumnya seseorang tersebut akan mudah merasa depresi yang berdampak pada gangguan jiwa.

Insecure memang sering kali diremehkan. Terbukti pada rendahnya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap faktor ini yang sebnarnya mempunyai pengaruh besar bagi perkembangan dan faktor kejiwaan seseorang. Orang yang insecure biasanya membutuhkan dorongan dan semangat dari orang-orang terdekatnya untuk belajar mencintai diri sendiri, menghargai perbedaan, percaya pada apa yang akan dilakukannya tanpa ada rasa takut yang berlebih. Nah, untuk teman-teman yang merasa insecure, cobalah untuk lebih terbuka dan jangan pernah malu untuk mengungkapkan isi hatimu kepada seseorang yang kamu percaya. Dengan begitu, satu beban akan berkurang dari pikiranmu.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: