Gunakan Webinar Untuk Memperingati Hari Anak Nasional 2020

Scroll down to content

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal, dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak. Upaya ini akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air. Hari Anak Nasional ditetapkan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1984. Anak-anak merupakan generasi penting yang menjadi cikal bakal untuk memajukan dan mengharumkan nama bangsa di masa depan.

Pada Peringatan Hari Anak Nasional dari tahun ke tahun selalu dimeriahkan dengan kegiatan dan aktifitas yang seru dan menarik. Namun, tidak untuk tahun 2020 ini. peringatan Hari Anak Nasional pada tahun 2020 ini tidak berlangsung seperti tahun-tahun sebelumnya karena situasi dan kondisi negara yang sedang dihantui pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menggelar rangkaian webinar untuk memeringati Hari Anak Nasional 2020.

Tema di hari Webinar Hari Anak Nasional tahun 2020 ini adalah “Pendidikan Anak dan Ketahanan Keluarga di Era New Normal”. Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan bahwa pelaksanaan HAN tahun 2020 ini menghadapi tantangan karena adanya pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai di Indonesia. Hal ini tentu saja berimplikasi pada masyarakat, terutama anak, mengalami berbagai persoalan seperti masalah pengasuhan bagi anak yang orangtuanya dinyatakan positif Covid-19. Kurangnya kesempatan bermain dan belajar serta adanya peningkatan atas kasus kekerasan selama pandemi.

Hal ini terjadi sebagai akibat diterapkannya kebijakan jaga jarak maupun belajar dan bekerja di rumah. Pada peringatan HAN merupakan suatu momentum untuk meningkatkan kepedulian semua pilar bangsa Indonesia, baik orangtua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media massa dan pemerintah terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.  Melalui kepedulian dalam menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi, serta memastikan segala hal yang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak Indonesia secara optimal.

Perlu diketahui bahwa obat dan vaksin Covid-19 belum ditemukan sampai saat ini. itulah mengapa penting untuk menjaga anak-anak sebagai generasi penerus bangsa, agar terjamin dan selamat dari pandemi ini. Peran keluarga, terutama orang tua sangat penting dalah kehidupan kita di masa pandemi dan new normal saat ini.

Sumber: kementerian pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak Republik indonesia & Bobo Indonesia

pic: ilustrasi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: