Mengapa Malam Hari Adalah Waktu Terbaik Mendongeng, Ini Alasannya!

Scroll down to content

Mendongeng adalah menjadi salah satu kebiasaan yang bisa dilakukan orangtua kepada anaknya sebelum tidur. Banyak ahli bilang, malam hari merupakan waktu terbaik mendongeng.

Mendongeng memang jadi cara paling jitu untuk quality time antara orangtua dan anak. Melalui dongeng, keduanya akan saling bercerita satu sama lain dan komunikasi jadi lebih baik.

Tapi, selain di malam hari sebelum tidur, mendongeng juga bisa dilakukan kapan saja. Hal itu diamini oleh psikolog klinis Dra. Ratih Ibrahim, M.M.

“Membacakan cerita buat anak, mendongeng itu bisa dilakukan kapan pun,” ujar Ratih.

Sementara itu, Ratih sendiri memang mengakui jika dongeng sebelum tidur memang jadi salah satu waktu terbaik mendongeng, karena pada momen itu anak mudah menyerap cerita dan informasi.

“Kenapa ada kata-kata dongeng sebelum tidur itu untuk mengantar buah hati masuk ke fase rileks, sehingga tidur lebih mudah dan mimpinya indah, jadi tidurnya tenang,” ujarnya.

Ratih juga bercerita bagaimana ia mendongeng kerap tidak mengenal waktu, bisa di pagi hari saat membuat sarapan, di siang hari setelah pulang sekolah, bahkan saat waktu makan malam.

“Banyak nilai indah yang bisa dimasukkan, bahkan saya mendongeng saat sarapan dan makan malam, segala macam cerita yang bisa didongengin. Saya dan suami juga mendongeng tentang berita yang kami baca dan ketika kami saling jatuh cinta,” ceritanya.

Terakhir, orangtua tidak perlu cemas saat anak sedang sibuk makan atau sedang bermain, karena mereka tetap bisa menyimak dan mendengarkan.

“Jangan khawatir. Sambil sibuk main, anak sebetulnya menyimak kok. Masuk ke dalam ingatan anak,” tutupnya.

Sumber : Suara.com

Foto : nutspace.in

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: