Ketahui Gangguan Tidur Lainnya Selain Insomnia

Scroll down to content

Tidur dan makan sama-sama kebutuhan manusia setiap harinya. Tidak hanya makan saja yang harus teratur, tidur pun harus teratur. Banyak orang yang mengabaikan pentingnya waktu tidur, seperti bergadang atau tidur dengan waktu yang sangat singkat. Namun, ada juga yang memiliki gangguan tidur. Jika membahas gangguan tidur, sudah pasti jawabannya adalah insomnia. Siapapun mengetahui bahwa insomnia merupakan gangguan susah tidur. Namun, ternyata gangguan tidur bukan hanya insomnia, loh! Ada juga gangguan tidur yang seperti hipersomnia, narkopelsi, dan climomania. Namun, belum banyak yang mengetahui perbedaan gangguan tersebut.

  • Insomnia

Insomnia adalah gangguan yang membuat seseorang sangat sulit untuk tidur. Insomnia bisa terjadi dalam jangka pendek, misalnya dalam satu minggu, atau jika parah bisa sampai mengalami insomnia selama sebulan, atau hampir dirasakan setiap malam. Biasanya, insomnia dipengaruhi olehbeberapa faktor seperti stress, depresi, gaya hidup, pengunaan obat, atau kebiasaan tidur yang buruk.

  • Hipersomnia

Hipersomnia adalah gangguan yang membuat seseorang selalu merasakan kelelahan dan ingin tidur meskipun sudah tidur dalam waktu cukup. Biasanya ciri-ciri orang dengan hipersomnia seperti selalu membutuhkan tidur siang,  masih terasa mengantuk meski telah tidur lama, dan tidak nafsu makan.

  • Narkolepsi

Narkolepsi merupakan kondisi neurologis yang menyebabkan serangan tidur tiba-tiba dan sulit dicegah selama siang hari dan bisa tiba-tiba tertidur tanpa mengenal waktu dan tempat. Narkolepsi bisa terjadi akibat adanya perubahan hormon seperti saat menopause atau karena stress dan depresi.

  • Climomania

Clinomania adalah kelainan mental yang ditandai dengan keinginan berlebihan untuk berada di tempat tidur, terutama pada cuaca dingin. Orang dengan climomania, tidak akan beranjak dari tempat tidur karena terlalu mencintai tempat tidurnya. Bahkan, mereka cenderung makan dan melakukan aktifitas di tempat tidur. Jangan heran jika ada seseorang yang mengatakan bahwa hobi nya adalah tidur. Mungkin dia seorang Climomania.

Perlu diketahui, bahwa kesehatan tidur juga mempengaruhi kesehatan manusia. Makan dan olahraga teratur tidak cukup jika tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Tidur yang cukup dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung. Waktu yang baik untuk tidur adalah 7 hingga 9 jam per hari. Kualitas tidur yang sehat dapat meningkatkan kualitas hidup.

Nah, untuk yang suka bergadang, ubah kebiasaanmu mulai dari sekarang, yah.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: