Rutin Menggunakan Obat Nyamuk Bakar? Ketahui Resikonya!

Scroll down to content

 Nyamuk adalah binatang menyebalkan dan berbahaya jika sampai digigitnya. Biasanya nyamuk mendekati manusia karena tertarik pada kelembapan pada tubuh manusia, dan menghisap darah untuk membuat telur dan berkembang biak. Untungnya, serangga kecil ini dapat diatasi dengan banyak cara, dengan memasang kawat nyamuk, dan salah satunya dengan obat nyamuk bakar, oles, semprot bahkan sampai obat nyambuk elektrik. Namun penggunanaan obat nyamuk tersebut dinilai tidak aman untuk kesehatan manusia karena mengandung zat-zat berbahaya dan jika dihirup dalam jangka waktu lama akan berdampak dan dapat menimbulkan masalah, terutama pada paru-paru dan jantung.

Penggunaan obat nyamuk bakar memang menjadi suatu solusi yang mudah dan murah untuk membasmi serta mengusir nyamuk. Namun, dalam jangka panjang penggunaan obat nyamuk bakar dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius seperti :

  • Zat berbahaya yang dihasilkan dari pembakaran obat nyamuk bakar, misalnya formaldehida atau formalin, bisa memicu penyakit asma yang berujung pada infeksi saluran pernapasan akut. Untuk penderita asma dan bronkitis, justru dengan menggunakan obat nyamuk akan memperparah keadaan.
  • Asap obat nyamuk bakar mengandung karbon monoksida, apabila dalam jangka waktu yang lama tentu saja dapat mengalami keracunan, apalagi digunakan pada ruangan tertutup atau dengan ventilasi yang buruk.
  • Penggunaan obat nyamuk bakar secara teratur berisiko lebih tinggi untuk terkena kanker paru-paru. Adapula kandungan formaldehida pada obat nyamuk bakar juga mungkin untuk memicu penyakit kanker lain, seperti kanker nasofaring.

Meski penggunaan obat nyamuk bakar kurang begitu disarankan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak buruk penggunaan obat nyamuk bakar, seperti menggunakannya kurang dari 3 kali selama seminggu, membuka ventilasi  saat obat nyamuk bakar sedang menyala, serta tidak berada di dalam ruangan tersebut ketika obat nyamuk bakar masih menyala. Yang terpenting adalah, gunakan ketika benar-benar memerlukannya.

Akan lebih baik menggunakan opsi lainnya seperti raket nyamuk listrik untuk membasmi nyamuk. Selain tidak berbahaya juga aman digunakan. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan rumah, karena nyamuk senang dengan segala sesuatu yang kotor.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: