Tubuh Butuh Vitamin, Namun Bagaimana Jika Berlebihan?

Scroll down to content

Makanan membantu manusia untuk mendapatkan energi untuk beraktifitas. Untuk itu, makanan yang dikonsumsi harus memiliki vitamin untuk  menunjang pertumbuhan dan menjaga fungsi pada tubuh. Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin alami yang bisa di dapatkan oleh tubuh. Vitamin sendiri merupakan salah satu dari enam nutrisi esensial  yakni karbohidrat, protein, lemak, air, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tubuh memerlukan vitamin sebagai penunjang. Namun, bila tubuh kekurangan vitamin, maka mungkin saja tubuh akan berisiko munculnya masalah kesehatan atau penyakit akibat asupan vitamin tak terpenuhi Oleh karena itu, penting untuk diketahui kekurangan vitamin dan dampaknya pada tubuh.

  • Kekurangan Vitamin A akan mengganggu kesehatan mata, seperti mata kering atau bahkan rabun senja.
  • Kekurangan vitamin B1 akan membuat tubuh lemas, berat badan turun, dan gangguan memori
  • Kekurangan vitamin B3 beresiko terhadap demensia, diare, dan dermatitis
  • Kekurangan vitamin B9 akan berisiko anemia atau gangguan pertumbuhan janin saat kehamilan
  • Kekurangan vitamin B12 yang terasa seperti anemia, tubuh lemas dan pusing, serta gangguan nafsu makan
  • Kekurangan Vitamin C akan membuat tubuh cepat  lemas, dan kulit yang tidak sehat.. dalam jangka panjang juga beresiko mempengaruhi kesehatan tulang, menyebabkan sistem imun terganggu, dan bahkan luka yang sulit sembuh.
  • Kekurangan Vitamin D lebih beresiko menderita penyakit pada tulang, seperti Osteoporosis. Vitamin D berguna untuk membantu mengatur kadar kalsium demi menjaga kesehatan tulang.
  • Kekurangan Vitamin E dapat mengganggu gerakan tubuh, misalnya banyak bergerak atau sulit mengambil suatu benda, serta sering merasa kesemutan atau mati rasa di bagian tubuh tertentu.

Jika ada kondisi kesehatan yang kamu derita seperti penjelasan diatas, mungkin kamu bisa mencoba memperbaiki asupan vitamin, dari makanan atau buah-buahan yang kamu konsumsi. Perlu diketahui bahwa dalam memenuhi asupan vitamin, baiknya adalah dalam jumlah yang cukup, tidak kurang dan tidak lebih. Fungsi vitamin memang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Namun, jika tubuh memiliki kelebihan vitamin, justru akan menyebabkan keracunan vitamin yang dapat merusak organ tubuh lainnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: