Sering Gonta Ganti Warna Kutek Gel Pada Kuku? Waspada Kanker Kulit*

Scroll down to content

Mempunyai kuku yang sehat dan indah adalah idaman setiap orang, terutama pada kaum wanita. Bukan hanya pakaian dan aksesoris, kuku yang indah juga menjadi nilai tambah dalam menunjang penampilan seseorang. Tak heran, banyak wanita yang selalu merawat kukunya di salon kecantikan, salah satunya dengan kutek. Sudah beberapa tahun, kutek gel menjadi favorit dan pilihan para wanita untuk mempercantik kuku mereka. Selain mempercantik kuku dengan pilihan warna yang sangat banyak, kutek gel juga dapat membuat kuku terlihat lebih panjang. Oleh karena itu, tren kutek gel menjadi sangat diminati.

Keunggulan lainnya, warna dari kutek gel jika diaplikasikan pada kuku terlihat lebih terang dan menyala serta dapat bertahan lebih lama, dibanding kutek non-gel lainnya. Namun, dimana ada keunggulan, pasti ada kekurangannya. Kutek gel memiliki risiko yang cukup berbahaya dan mengancam kesehatan kuku jika terlalu sering dilakukan, antara lain :

  • Formula yang terkandung dalam kutek gel dapat merusak kuku, menjadikan kuku lebih tipis, kering dan rapuh sehingga mudah patah.
  • Pemakaian kutek gel yang keseringan akan memicu perubahan warna pada kuku. Lama kelamaan kuku akan berubah warna menjadi kuning, kusam dan tidak sehat.
  • Pemakaian sinar UV untuk melekatkan kutek gel pada kuku, dapat merusak jaringan dan kolagen kulit. Akibatnya, dapat memicu penuaan dini dan berisiko menimbulkan kanker kulit.

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat kuku agar tidak mudah rusak karena kutek gel, seperti :

  • Memberikan waktu istirahat untuk kuku setidaknya selama satu minggu setelah pemakaian kutek gel, agar kuku tidak semakin rusak karena paparan formula kimia pada kutek gel.
  • Oleskan sunscreen pada tangan atau kaki untuk mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.
  • Jangan memotong kutikula, yang dapat menyebabkan kuku rentan terinfeksi dan meradang.
  • Opsi lain untuk mengurangi kerusakan kuku adalah dengan menggunakan juga pelembab seperti petroleum jelly.

Kutek gel tidak sama dengan kutek lainnya yang bisa dihapus hanya dengan menggunakan aseton. Jangan pernah untuk mengelupas kuteks gel, karena akan membuat lapisan kuku paling atas. Kuku sama seperti organ lainnya yang juga membutuhkan oksigen, vitamin, serta mineral. Oleh karena itu, penting untuk memberikan masa istirahat pada kuku. Jika setelah pengaplikasian kutek gel tangan atau kakimu terasa kering, jangan lupa gunakan handcream untuk membantunya tetep lembab, yah!

pic by productnation

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: