Mengenal Fungsi Dari Varian Essential Oil Kekinian

Scroll down to content

Gaya hidup sehat tidak hanya memperhatikan pola makan atau dengan rajin berolahraga. Di jaman modern saat ini, masyarakat sudah mulai beralih untuk menggunakan essential oil untuk digunakan didalam ruangan. Penggunakan essential oil dapat memberikan kenyamanan. Essential oil merupakan minyak aromatherapy ini juga bermanfaat untuk pikiran dan tubuh yang diyakini dapat menjaga stamina dan daya tahan tubuh hingga dinilai mampu mengatasi rasa stress. Aromatherapi berasal dari ekstrak tumbuhan yang terbuat dari berbagai tanaman obat, bunga, herbal, akar, buah, dan pepohonan yang memiliki efek positif bagi penggunanya.

Essential oil ini dapat digunakan dengan berbagai cara seperti mengoleskannya langsung ke bagian anggota tubuh, sebagai minyak pijatan untuk relaksasi tubuh, minyak untuk berendam air hangat, dihirup atau jika kamu ingin menggunakannya beramai-ramai, kamu dapat menggunakan diffuser yang dapat mengubah essential oil menjadi uap yang wangi. Dengan bantuan diffuser, orang di sekeliling juga dapat merasakan kenyamanan ketika menghirupnya. Caranya cukup mudah, yakni dengan mencampurkan 100 ml air dengan 3 sampai 4 tetes essential oil kedalam diffuser. Selanjutnya, aroma essential oil akan terasa wangi beberapa saat kemudian.

Essential oil memiliki banyak varian yang dapat disesuikan dengan kebutuhan penggunanya. Aroma yang dihasilkan oleh essential oil tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda terhadap kesehatan. Berikut merupakan beberapa varian essential oil yang paling sering digunakan, antara lain :

  • Thieves, mencegah adanya radang tenggorokan, flu, batuk dan sesak napas.
  • Lemongrass, detoksifikasi, serta menurunkan tekanan darah.
  • Greentea, meningkatkan sistem imun tubuh, membantu melawan infeksi dan bakteri.
  • Moringa, menenangkan pikiran dan mengatasi gangguan tidur.
  • Lavender, membuat tubuh rileks, menenangkan sistem saraf, solusi insomnia
  • Peppermint, menenangkan otot dan masalah pada pencernaan.
  • Tea Tree, menjaga kesehatan kulit dan mengatasi gangguan kulit seperti jerawat.
  • Chamomile, meningkatkan fokus dan pikiran.

Meskipun essential oil  ini terbuat dari tanaman dan produk herbal, penting diketahui bahwa keduanya mengandung senyawa bioaktif yang belum tentu cocok untuk semua orang. Jika dalam penggunaannya terjadi ruam, alergi atau sakit kepala. Sebaiknya, konsulktasikan kepada ahlinya yah. So, varian essential oil yang manakah pilihanmu hari ini?

pic by shutterstock

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: