Timun, Tumbuhan Dengan Antioksidan yang Tinggi

Scroll down to content

Siapa yang tidak kenal dengan timun. Timun atau yang sering disebut mentimun atau ketimun merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan, atau dijadikan sayuran atau penyegar. Nah, tidak heran kan kalau timun sering bersanding dengan makanan seperti nasi goreng, ayam goreng sebagai pelengkap lalapan dan acar. Nah, kalau tadi pelengkap makanan, kamu juga pasti pernah melihat timun sebagai salah satu pelengkap di  minuman seperti infused water, betul? Sebagus itukah kandungan timun? Yes, Hampir 95% persen kandungan timun adalah air. Selain air, timun juga mengandung protein, karbohidrat, serat, magnesium, kalium, mangan, vitamin C, vitamin K, vitamin A, dan antioksidan.

Antioksidan dalam timun mencegah dan memperlambat kerusakan sel akibat efek radikal bebas. Ini artinya konsumsi timun mungkin dapat menurunkan risiko penyakit terkait radikal bebas, seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, dan penurunan fungsi mata. Kandungan antioksidan dan air yang tinggi yang menjadikannya sangat baik untuk kesehatan, terutama pada kulit. Kandungan nutrisi pada timun dapat pula untuk mengobati masalah-masalah pada kulit seperti jerawat. Selain itu, timun juga bermanfaat bagi kecantikan. Biasanya timun digunakan untuk mengompres mata, agar bagian di mata terlihat segar.

Biasanya, orang-orang yang mengompres mata akan menempelkan irisan timun ke mata. Cara ini dinilai mampu untuk mengurangi bengkak (jika ada) di mata, juga memberikan sensasi segar pada kulit. Kandungan antioksidan, seperti vitamin C, berkhasiat membantu kulit melawan efek radikal bebas yang membuat area sekitar mata lebih gelap dan mata tampak lelah. Selain itu, mata juga akan terasa lebih segar. Manfaat meletakkan timun di mata selanjutnya adalah membuat mata terasa lebih segar. Hal ini karena adanya kandungan air yang tinggi dalam mentimun, yang cocok dipakai untuk menyegarkan mata, dan menjaga kelembapan kulit di area mata.

Mentimun juga mengandung kolagen yang dapat mengatasi kantung mata. Caranya, kamu hanya perlu menyiapkan irisan mentimun yang sudah didiamkan di dalam kulkas, lalu tempelkan di permukaan kulit mata dalam keadaan tertutup. Diamkan beberapa menit dan lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal. Vitamin C pada timun juga berkhasiat membantu kulit melawan efek radikal bebas yang membuat area sekitar mata lebih gelap dan mata tampak lelah. Saat ini, banyak produk perawatan kulit yang juga mengandung kandungan timun yang dapat kamu gunakan. Selamat mencoba!

pic by shutterstock

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: