Tak Hanya Nikmat, Jagung Juga Menyimpan Manfaat Kesehatan Bagi Tubuh

Scroll down to content

Jenis buah-buahan dan bijian ini selain dikenal sebagai sumber karbohidrat, jagung juga kaya akan nutrisi. Jagung menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika konsumi jagung mulai ditingkatkan menggantikan nasi putih. Selain meningkatkan energi, banyak manfaat kesehatan yang diperoleh bagi tubuh.

Inilah sejumlah fakta manfaat kesehatan yang dihasilkan jagung.

  1. Melawan Anemia
    Vitamin B12 dan asam float yang ditemukan dalam jagung membantu mencegah anemia (penurunan sel darah merah) yang disebabkan kekurangan vitamin. Jagung juga merupakan sumber zat besi yang baik, yang membantu dalam pembentukan sel darah merah baru.
  2. Melawan Kanker
    Journal of Agriculture and Food Chemistry menyebutkan jagung kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab kanker. Jagung juga kaya asam ferulat, agen antikarsinogenik yang telah terbukti efektif dalam melawan tumor yang menyebabkan payudara dan kanker hati.
  3. Meningkatkan Kadar Vitamin A
    Jagung manis kaya akan beta-karoten, yang selanjutnya akan diubah menjadi vitamin A, merawat penglihatan dan kulit yang luar biasa. Beta-karoten yang tidak diubah menjadi vitamin A bertindak sebagai antioksidan yang sangat baik dan melawan penyakit, seperti jantung dan kanker.
  4. Baik untuk Pencernaan
    Jagung kaya akan serat, baik serat larut dan tidak larut. Serat larut dapat membantu memblokir penyerapan kolesterol. Selain itu mampu memperlancar buang air besar dan mencegah sembelit.
  5. Kaya Vitamin B
    Jagung kaya akan vitamin B, terutama thiamin (B1) dan niacin (B3). Tiamin sangat penting untuk menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif. Sementara niacin mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi masalah kardiovaskular.

Sumber : Medcom
Foto : 8villages.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: