Fakta, 5 Makanan Tinggi Lemak Ini Justru Bisa Turunkan Berat Badan

Scroll down to content

Makanan tinggi lemak dimusuhi pelaku diet. Walau demikian tak semua makanan tinggi lemak buruk, ada beberapa jenis yang justru bisa bantu turunkan berat badan.

Selama ini banyak orang meyakini kalau mau hidup sehat harus menghindari asupan lemak. Memang benar makanan tinggi lemak membahayakan kesehatan, namun lemak yang dimaksud adalah lemak trans atau lemak nabati terhidrogenasi. Dua jenis lemak ini biasa ditemukan pada makanan cepat saji (junk food).

Lain halnya dengan lemak sehat. Lemak ini diperlukan tubuh untuk menyerap vitamin A, D, E, dan K, membantu produksi hormon, menghasilkan rasa kenyang, hingga mendorong kemampuan tubuh membakar lemak.

Dikutip dari Detik, berikut 5 makanan tinggi lemak yang bagus dikonsumsi sehari-hari dan bisa menurunkan berat badan asal konsumsinya tak berlebih.

  1. Alpukat
    Alpukat terkenal sebagai buah creamy dengan kandungan lemak tinggi. Alpukat banyak dihindari pelaku diet karena disebut bikin gemuk. Padahal alpukat mengandung lemak sehat berupa lemak tak jenuh tunggal. Jenis lemak ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan termasuk lama dicerna. Hasilnya kamu akan merasa kenyang lebih lama usai memakannya dan terhindar dari keinginan ngemil berlebih.
  2. Daging sapi
    Makanan tinggi lemak yang juga tergolong sehat adalah daging sapi. Kalau ada pilih jenis “grass-fed” yang berarti sapi hanya diberi pakan rumput semasa hidup. Daging sapi ini mengandung asam lemak omega 6 yang disebut CLA (conjugated linoleic acid). Penelitian di Skandinavia menemukan CLA bisa ‘melawan’ lemak, khususnya lemak yang membandel di bagian tengah tubuh.
  3. Minyak kelapa
    Untuk asupan lemak sehat, coba ganti minyak sawit untuk memasak dengan minyak kelapa. Jenis minyak ini bisa diubah tubuh dengan cepat menjadi sumber energi, alih-alih menyimpannya sebagai lemak. Dengan begitu, tingkat metabolisme tubuh kamu akan meningkat dan kemampuan tubuh untuk membakar energi pun lebih baik.
  4. Kuning telur
    Kuning telur juga termasuk makanan tinggi lemak yang sehat, asal tidak dikonsumsi berlebihan. Beberapa penelitian menemukan manfaat konsumsi kuning telur.
  5. Kacang-kacangan
    Menyebut makanan sehat tak bisa melepaskan kacang-kacangan yang mengandung lemak baik untuk tubuh. Kacang juga merupakan sumber protein dan serat yang membuat seseorang kenyang lebih lama saat mengonsumsinya. Pilihlah almond, kenari, atau kacang mede sebagai camilan harian. Konsumsi kacang-kacangan yang bervariasi, namun pastikan kacang bebas minyak atau garam tambahan.

Sumber : Detik.com
Foto : Alodokter

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: