Rasakan Manfaat dan Efek Samping Minum Air Jeruk Nipis

Scroll down to content

Dulu minuman dengan rasa asam jeruk nipis pernah menjadi trending bagi kelompok yang gemar melakukan diet. Kadang buah satu ini pun dimanfaatkan untuk memberikan sentuhan rasa pada air putih agar aktivitas hidrasi tidak datar dan membosankan.

Ternyata buah yang tumbuh subur di kawasan Asia ini memiliki ragam nutrisi, tidak hanya vitamin C.

Melansir dari Medical News Today, berdasar United States Department of Agriculture (USDA) dalam sebuah jeruk nipis berdiameter sekitar 5 centimeter mengandung 22 miligram kalsium, 12 miligram fosfor, 68 miligram potasium dan tentu saja vitamin C sebanyak 19,5 miligram (20-25 persen kebutuhan vitamin C harian).

Dari sepaket nutrisi tersebut, jeruk nipis mampu memberikan beragam manfaat mulai dari penurunan risiko kanker hingga meningkatkan sistem imun. Berikut manfaat jeruk nipis bagi kesehatan.

  1. Menurunkan risiko kanker
    Beberapa studi menunjukkan hubungan jeruk nipis dan penurunan risiko beberapa tipe kanker. Studi pada 2015 yang diterbitkan di jurnal Medicine (Baltimore) menunjukkan kemungkinan relasi antara peningkatan konsumsi jeruk nipis dan penurunan risiko kanker esofagus. Melansir dari Healthline, penurunan risiko kanker kemungkinan karena komponen antioksidan pada jeruk nipis sehingga mendorong pertumbuhan sel sehat dan meningkatkan fungsi sistem imun.
  2. Menyehatkan kulit
    Selain menurunkan risiko kanker, kandungan antioksidan dan vitamin C pada jeruk nipis mampu menyehatkan kulit. Tak heran komponen ini juga banyak digunakan dalam produk-produk perawatan kulit (skincare). Kandungan antioksidan mampu menguatkan kolagen sehingga kulit tampak lebih segar dan muda. Selain itu minum air dengan campuran perasan jeruk nipis juga memberikan hidrasi pada tubuh termasuk kulit.
  3. Bantu diet
    Apa Anda sedang menjalani diet? Air jeruk nipis layak Anda selipkan di antara menu harian. Asam sitrat pada jeruk nipis bisa meningkatkan metabolisme, membantu membakar lebih banyak kalori dan lebih sedikit lemak yang tersimpan dalam tubuh. Akan tetapi Anda tidak bisa mengandalkan jeruk nipis sepenuhnya untuk menurunkan berat badan. Program penurunan berat badan tetap harus diimbangi dengan aktivitas fisik dan mengontrol asupan kalori.
  4. Menurunkan kadar gula darah
    Menurut beberapa studi, vitamin C dapat membantu menurunkan perubahan kadar gula darah sebelum dan setelah makan. Jeruk nipis memiliki kadar glikemik rendah dan membantu mengatur penyerapan gula ke pembuluh darah. Karena itu orang dengan diabetes disarankan untuk mengonsumsi jeruk nipis agar kejadian kenaikan gula darah tidak drastis.
  5. Memperkuat sistem imun
    Selama masa pandemi virus corona, jeruk nipis bisa Anda jadikan amunisi untuk menguatkan sistem imun. Vitamin C dan antioksidan pada jeruk nipis bakal mendukung tubuh melawan bakteri yang masuk. Saat dikonsumsi secara teratur, air jeruk nipis mampu mencegah dan memperpendek sakit selesma dan flu.

Efek Samping Jeruk Nipis
Jeruk nipis bisa Anda konsumsi sebagai campuran air putih atau sebagai infused water. Perasan jeruk nipis pun bisa dikonsumsi bersama teh dan madu.

Konsumsi jeruk nipis pun nyaris tidak memberikan efek samping berarti. Hanya saja buah ini tidak disarankan dalam beberapa kondisi.

Orang dengan alergi sitrus
Jeruk nipis tidak direkomendasikan untuk mereka yang memiliki alergi terhadap buah-buahan sitrus. Buah-buahan sitrus ini termasuk lemon, jeruk nipis, jeruk, jeruk Bali. Respons alergi biasanya berupa bengkak, gatal-gatal dan kesulitan bernapas

Orang dengan kenaikan asam lambung
Sebagian orang dengan kondisi gangguan pada lambung mungkin akan mengalami kenaikan asam lambung karena rasa asam jeruk nipis. Anda yang memiliki masalah pencernaan mungkin harus mempertimbangkan kembali jika ingin minum air jeruk nipis pagi hari saat perut kosong meski banyak yang menyarankan.

Gejala lain yang mungkin dialami antara lain, heartburn, mual, muntah dan sulit menelan.

Sumber : CNN Indonesia
Foto : Pinterest

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: