Infeksi Hingga Pengapuran Karena Terlalu Banyak Pakai Sepatu? Simak Faktanya Berikut

Scroll down to content

Menjadi cantik itu tidak mudah. Untuk menunjang penampilan, banyak yang harus dilakukan. Khususnya untuk para wanita, mulai dari penampilan rambut, gaya berpakaian, aksesoris yang digunakan, mode tas terkini,  sampai dengan pemakaian hak tinggi atau sepatu hak tinggi. Pemakaian hak tinggi biasanya dilakukan agar penampilan yang sudah cantik tersebut menjadi lebih sempurna. Karena alasan penampilan, banyak wanita yang rela memakai hak tinggi yang tinggi selama berjam-jam. Pemakaian hak tinggi dalam jangka waktu yang panjang dapat mengakibatkan pegal-pegal dan nyeri. Bukan hanya itu saja, melainkan ada dampak lain yang harus diketahui jika terlalu banyak atau terlalu lama menggunakan hak tinggi.

Sering menggunakan hak tinggi dapat mengakibatkan perubahan pada tulang kaki. Contohnya perubahan yang terjadi dengan terbentuknya sebuah tonjolan bulat yang dapat semakin membesar di samping ibu jari kaki. Perubahan pada tulang tersebut tidak dapat diobati. Maka dari itu, disarankan untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan hak tinggi. Selain itu, penggunakan sepatu hak tinggi juga dapat menyebabkan kaki kapalan dan dapat mengakibatkan kerusakan saraf. Ciri-ciri mulai terjadi kerusakan saraf adalah kaki terasa panas dan kesemutan yang diikuti dengan gejala pada betis yang menjadi lebih kencang, tulang punggung sampai ke leher atau bahu terasa pegal. Hal ini karena kaki berusaha menopang badan secara keseluruhan. Hal ini menjadi perhatian lebih untuk wanita yang mempunyai berat badan berlebih, tidak dianjurkan menggunakan hak tinggi dalam jangka waktu yang lama. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya pergeseran tulang lutut dan lama-kelaman dapat menjadi pengapuran.

Menggunakan sepatu yang nyaman memang membantu dalam keseharian. Tidak hanya untuk para wanita saja yang nyaman menggunakan sepatu hak tinggi, untuk para pria yang setiap hari menggunakan sepatu yang nyaman pun mempunyai dampaknya tersendiri. Salah satu akibat penggunaan sepatu setiap hari adalah Infeksi jamur di kaki. Infeksi ini disebabkan oleh organisme dermatofita yang mengonsumsi keratin, protein yang terdapat pada kuku sebagai sumber makanannya. Infeksi ini dapat terjadi karena terlalu sering menggunakan sepatu tertutup, sehingga berpengaruh pada kelembapan kaki dan akhirnya menyebabkan infeksi jamur. Solusinya, rajinlah membersihkan sepatu dan mengganti kaus kaki untuk mencegah terjadinya hal tersebut.  Sederhana bukan? Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: