Ini 5 Manfaat Gula Batu untuk Kesehatan, Bisa Redakan Stres

Scroll down to content

Bagi Anda yang gemar bersantai dengan keluarga atau berkumpul bersama teman kurang lengkap rasanya jika tidak menikmati secangkir kopi atau teh.

Rutinitas minum teh atau kopi memang telah menjadi tradisi bangsa Indonesia yang dilakukan secara turun temurun. Hingga saat ini, tradisi tersebut masih sering kita lakukan pada waktu pagi maupun sore hari.

Minum secangkir teh, biasanya juga sering kita tambahkan pemanis agar mendapatkan sensasi rasa yang semakin nikmat. Saat ini, banyak orang yang cenderung lebih memilih gula batu daripada gula pasir. Memiliki cita rasa yang lebih nikmat, gula batu juga dianggap lebih aman dan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari Bold Sky, gula batu memiliki kandungan vitamin B12, nutrisi, karbohidrat, dan sejumlah zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi gula batu secara teratur dan tepat, dapat memenuhi kebutuhan tubuh dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

Lantas, apa saja manfaat gula batu untuk kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

Meningkatkan Energi
Manfaat gula batu yang pertama yaitu dapat meningkatkan energi. Saat tubuh terasa lesu dan kurang semangat saat akan menjalani rutinitas sehari-hari, maka menikmati secangkir teh manis menjadi solusi tepat agar tubuh bugar kembali. Gula batu kaya akan karbohidrat yang dipercaya mampu menyumbangkan energi bagi tubuh. Ketika seseorang mengonsumsi pemanis ini, maka keberadaannya akan diubah menjadi glikogen yang nantinya akan disimpan pada otot yang berfungsi untuk menyumbang tubuh agar kuat melakukan berbagai aktivitas. Selain itu, kandungan ini juga berfungsi efektif saat dibutuhkan oleh jaringan lain.

Meredakan Nyeri Haid
Hampir semua perempuan pernah merasakan nyeri menjelang haid. Kondisi ini karena terjadi kontraksi otot pada rahim yang disebabkan oleh hormon prostaglanindin. Rasa nyeri tersebut semakin meningkat ketika seseorang hampir mendekati masa menstruasi. Rasa nyeri saat menjelang haid ini bisa diatasi dengan berbagai cara, salah satunya menyeduh teh hangat dengan tambahan gula batu. Kandungan flavonoid pada gula batu berfungsi efektif untuk meredakan rasa nyeri ketika sedang menstruasi.

Mengatasi Darah Rendah
Manfaat gula batu berikutnya ialah dapat mengatasi darah rendah. Seseorang yang memiliki tekanan darah rendah biasanya akan mengalami gejala pusing, mata berkunang-kunang, dan sering merasakan lemah lesu. Kondisi ini jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti kerusakan otak dan jantung. Salah satu cara alternatif mengatasi tekanan darah rendah yaitu menyeduh teh hangat dengan tambahan gula batu. Saat mengonsumsi pemanis tersebut, maka glikogen di hati akan ditransfer menuju hipotalamus. Hal ini akan mempengaruhi kinerja otak dan kecepatan denyut jantung, sehingga bisa meningkatkan tekanan darah agar tetap bisa beraktivitas dengan optimal.

Meredakan Stres
Banyaknya rutinitas sehari-hari yang harus kita kerjakan terkadang membuat suasana tegang, tidak tenang, dan sering menimbulkan stres. Kondisi ini jika tidak segera diatasi dapat meningkatkan risiko gangguan depresi. Salah satu cara alternatif mengatasi kondisi ini ialah menyeduh minuman dengan tambahan gula batu. Manfaat gula batu bisa meredakan stres karena pemanis ini mampu merangsang hormon bahagia di dalam tubuh. Selain itu, kandungan pada gula batu juga berfungsi efektif untuk menurunkan ketegangan otak. Sehingga dengan menambahkan gula batu pada minuman yang Anda sukai membantu melepaskan ketegangan dalam tubuh yang sering kali memicu stres.

Menyembuhkan Luka
Manfaat gula batu lainnya yaitu dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Pengobatan tradisional Mesir ini sudah ada sejak 1700 SM. Kandungan antimikroba pada gula batu berperan penting untuk menghambat bakteri pada luka dan menurunkan risiko terjadinya pembengkakan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membubuhkan gula pada luka kemudian menutupnya dengan perban. Butiran-butiran gula tersebut akan meresap kelembapan yang memungkinkan bakteri-bakteri tumbuh dan berkembang. Lakukan cara ini hingga luka sembuh.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari beberapa manfaat gula batu tersebut, sebaiknya terlebih dahulu untuk berkonsultasi dengan doktor. Pasalnya, ada beberapa penyakit yang menganjurkan untuk membatasi mengonsumsi gula.

Sumber : Merdeka
Foto : Shutterstock

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: