Tips Untuk Menyimpan Daging Agar Bertahan Lebih Lama.

Scroll down to content

Kulkas merupakan salah satu mesin pendingin yang kegunaannya untuk menjaga kesegaran makanan. Biasanya makanan yang diletakkan kulkas seperti daging, ikan, sayuran, makanan kaleng. Selain makanan-makanan tersebut segar, juga bisa diawetkan dan tahan lama jika diletakkan di dalam kulkas. Setiap rumah tangga pasti menyimpan persediaan daging di dalam kulkas atau freezer untuk diolah di kemudian hari. Namun, tahukah kamu bahwa  daging yang tidak disimpan dengan benar, dapat menjadi sarang dan tempat tinggal bakteri. Untuk itu, kita perlu mengetahui beberapa hal terkait penyimpanan daging di dalam kulkas atau freezer, misalnya :

  • Pisahkan daging menggunakan tangan bersih (pastikan kamu sudah mencuci tangan sebelum memindahkan daging)
  • Pastikan daging tersimpan dalam wadah penyimpanan kedap udara berbasis food grade untuk menjaga kualitasnya.
  • Jangan mencampur daging mentah dengan daging matang dalam satu wadah, karena akan meningkatkan resiko penyebaran kuman dan bakteri.
  • Pastikan suhu freezer yang disarankan yaitu -17 derajat Celcius, agar daging tidak dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.
  • Batas waktu menyimpan daging yaitu berkisar 2-3 bulan. Pastikan kamu tidak menyimpan daging lebih lama dari jangka waktu tersebut.

Lain daging, lain pula dengan buah-buahan. Daging memang harus disimpan didalam kulkas untuk menjaga kualitasnya. Buah pun demikian. Namun, ternyata ada beberapa buah yang tumbuhan atau sayuran lainnya yang tidak perlu diletakkan di kulkas, seperti :

  • Buah Melon / Semangka

Cukup simpan buah melon atau semangka diletakkan di suhu ruangan. Jika kamu tetap ingin menyantapnya selagi dingin, kamu boleh coba untuk memotongnya dan menaruhnya di kulkas dalam beberapa jam untuk disantap.

  • Buah Apel

Apel merupakan buah yang paling aman diletakkan di suhu ruangan. Jika kamu membeli apel dalam jumlah yang banyak dan memakan waktu yang lama untuk menghabiskannya, cukup letakkan apel di rak kulkas paling bawah.

  • Tomat

Tomat akan berubah bentuk menjadi lebih lembek jika diletakkan dalam kulkas. Penyimpanan tomat yang baik adalah dengan melatakkannya dalam suhu ruangan.

Nah, setelah membaca informasi tersebut, kamu bisa coba memeriksa apakah ada makanan yang disebutkan diatas di dalam kulkas kamu? Jika ya, lebih baik segera kamu konsumsi. Ada beberapa makanan yang memang lebih baik diletakkan di kulkas dan beberapa makanan yang memang harus diletakkan di suhu ruangan. Jangan lupa untuk melihat setiap komposisi makananmu yah supaya tidak salah penempatan yang berujung pada jamuran dan bakteri.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: