Ini Dia Rekomendasi Pasta Rendah Karbohidrat Ramah Diet

Scroll down to content

Banyak kalangan menyebut bahwa mi instan bukan pilihan sehat dan tidak direkomendasikan selama diet. Namun bagi Anda penggemar mie, Anda tetap bisa memuaskan hasrat akan makanan serupa dengan memilih pasta yang rendah karbohidrat.

Selain mie, pasta bisa jadi pilihan tepat untuk menggantikan keinginan makan mi instan. Walau demikian Anda disarankan memperhatikan pilihan jenis pasta.

Pasta putih biasa mengandung 210 kalori dan 42 gram karbohidrat.

Menurut Vandana Sheth, penulis sekaligus ahli diet di Los Angeles, pasta biasa terbuat dari tepung rafinasi, rendah serat, tinggi kalori dan, dengan cepat dipecah jadi gula dalam aliran darah. Artinya, pasta justru akan membuat kadar gula darah naik drastis.

Kabar baiknya, bukan berarti Anda langsung mengeliminasi pasta dari menu harian. Kuncinya adalah moderasi dan pilih pasta rendah karbohidrat.

“Anda selalu bisa membuat pasta rendah karbohidrat dengan memperhatikan porsi,” saran Sheth dikutip dari Livestrong.

Pasta edamame
Edamame merupakan camilan tradisional Jepang berwarna hijau segar. Warna hijau inilah yang membuat pasta edamame memiliki warna serupa. Per saji pasta edamame bakal berbeda kadar kalori juga karbohidratnya tergantung dari labelnya. Salah satu contoh, melansir dari Eat This Much, dalam satu sajian pasta edamame (56 gram) mengandung 210 kalori, 22 gram karbohidrat, 25 gram protein, 140 miligram kalsium dan 11 gram serat.

Mi shirataki
Beberapa tahun terakhir shirataki populer di kalangan penikmat kuliner. Tak hanya karena keunikan teksturnya tetapi juga kalorinya yang minim. Shirataki bisa Anda olah jadi beragam pangan termasuk pasta rendah karbohidrat. Melansir dari Livestrong, satu porsi pasta akan memberikan 3 gram karbohidrat dan sekitar 10 kalori. Shirataki terbuat dari konjak hasil olahan umbi-umbian hutan yang disebut iles-iles. Jenis pasta ini tepat Anda jadikan kawan diet karena selain rendah kalori, shirataki juga membuat perut kenyang lebih lama daripada saat Anda mengonsumsi nasi putih atau roti.

Mi rumput laut
Pasta rendah karbohidrat lain yang patut masuk dalam daftar menu Anda adalah mi rumput laut. Mi berbahan dasar rumput laut ini dibuat tanpa tepung kanji sehingga kandungan karbohidratnya hanya sekitar 3 gram. Selain itu mi rumput laut kaya akan mineral, vitamin dan antioksidan. Mirip shirataki, mi rumput laut memiliki rasa netral sehingga bisa Anda olah jadi pangan beragam rasa. Tumis bersama potongan bakso atau dijadikan mi yamin manis semua bisa menggunakan mi rumput laut.

Pasta buncis (chickpea pasta)
Pasta buncis memiliki tekstur lebih padat daripada pasta rendah karbohidrat lain. Dalam satu porsi pasta buncis, Anda bisa memberikan tubuh asupan 19-32 gram karbohidrat. Jumlah itu terbilang lebih banyak daripada jenis pasta lain, tetapi Anda bakal memperoleh asupan 13 gram serat.

Sumber : CNN Indonesia
Foto : Tribunnews

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: