Ini Dia 7 Perubahan Finansial Wajib Bagi Orang Tua

Scroll down to content

Saat Anda menjadi orang tua, banyak hal berubah di dalam hidup Anda, salah satunya adalah bagaimana Anda mengatur finansial. Akan ada banyak biaya yang Anda butuhkan sejak si kecil masih bayi dan lebih-lebih saat ia sudah memasuki usia sekolah.

Oleh karenanya, tidak bisa menunggu lama, orang tua harus segera membuat perubahan dalam mengatur finansial. Janet Berry-Johnson, CPA, akuntan publik di Nebraska, AS, merekomendasikan beberapa hal ini untuk mulai Anda kerjakan :

  1. Buat Anggaran Rumah Tangga
    Kehadiran anak tentu saja akan menambah biaya hidup Anda. Anda perlu membuat anggaran agar pengeluaran lebih terkontrol. Pastikan Anda sudah memasukkan biaya seperti popok, bahan MPASI, mainan anak, atau buku anak.
  2. Tambahkan Nama Anak-anak ke Asuransi Kesehatan
    Menurut Janet, selambat-lambatnya, Anda harus menambahkan nama anak-anak ke dalam asuransi kesehatan dalam 30 atau 60 hari setelah mereka lahir.
  3. Buat Polis atas Nama Anak
    Polis atas nama anak ini sangat penting untuk menjamin kehidupan mereka mana kala Anda tak lagi bisa bersamanya. Anda juga perlu menunjuk wali yang sah untuk anak-anak Anda.
  4. Miliki Asuransi atas Nama Anda
    Asuransi bak jaring pengaman finansial bagi keluarga Anda. Sebagai orang tua, penting untuk mendaftarkan diri Anda ke dalam asuransi yang memiliki manfaat bila Anda menderita sakit atau cedera sehingga tak bisa bekerja, seperti cacat fisik misalnya.
  5. Pertimbangkan Dana Darurat
    Dana darurat sangat penting bila ada situasi tidak terduga di keluarga Anda. Misal, saat Anda tiba-tiba kehilangan pekerjaan, dan lain sebagainya. Janet berkata, “Dana darurat menyediakan bantal yang nyaman untuk orang tua baru sambil mencari pekerjaan baru, dan harus dihitung berdasarkan anggaran keluarga baru,” ujar Janet. Menurutnya, dana darurat harus bisa menutupi 6-12 bulan biaya hidup saat Anda tak lagi memiliki pekerjaan.
  6. Siapkan Dana Pensiun
    Memprioritaskan pensiun Anda sendiri sejak sekarang akan menyiapkan Anda untuk masa depan. Ini juga bisa mengurangi kemungkinan bahwa anak Anda harus menjadi sandwich generation yang perlu menghidupi orang tuanya di kemudian hari.
  7. Mulai Menabung untuk Biaya Kuliah
    Inflasi biaya pendidikan terus terjadi. Akan tetapi, menurut Janet, hanya 13% dari orang tua milenial yang menempatkan tabungan untuk perguruan tinggi sebagai salah satu prioritas finansial utama mereka yang berkaitan dengan anak.

Sumber : Parenting.co.id
Foto : Modalku

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: