Setiap manusia pasti memiliki bau khas pada tubuhnya. Yang sering terjadi adalah, bau pada badan yang menyengat, yang bisa kamu jumpai biasanya di keramaian orang. Bau menyengat pada tubuh disebut sebagai Bromhidrosis yang disebabkan oleh salah satu bau bakteri yang terdapat didalam tubuh. Bau bakteri tersebut akan meningkat jumlahnya dengan adanya keringat. Namun, sebenarnya keringat sendiri adalah tidak berbau sama sekali pada permukaan kulit. Masalah bau badan dapat menjadi masalah serius jika tidak segera ditangani, karena akan menyebabkan orang disekitarnya menjadi tidak nyaman dan tentu saja bisa menghilangkan kepercayaan diri.

Tubuh manusia terdiri dari ribuan bakteri didalamnya. Sebagian bakteri tersebut hidup di daerah yang lembab, dan bakteri tersebut menyebar disekitaran mencapai jutaan. Bakteri tersebut memakan protein dan lemak di keringat, mereka mengubah komponen yang tidak bau tersebut menjadi sesuatu yang memiliki wangi tidak menyenangkan. Berikut adalah lima hal yang penting untuk kamu ketahui seputar bau badan :

  • Bau badan dapat diturunkan secara genetik.
  • Populasi di Eropa, memiliki bau badan yang lebih sedikit
  • Populasi di Asia Timur seperti Korea rata-rata tidak memiliki masalah bau badan.
  • Area ketiak merupakan penyebab utama pada bau badan karena banyak memiliki kelenjar apokrin.
  • Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung bawang putih dapat menyebabkan bau badan, karena bawang putih mengandung gas sulfur yang setelah dicerna akan lepas melalui pori-pori kulit.

Bau pada badan bisa disebabkan karena banyak aspek yang bercampur menjadi satu, contohnya aspek pada makanan dan higienitas tubuh. Mengganti pakaian dengan teratur akan membantu mengurangi bau pada badan. Kkeringat pada pakaian yang sudah dipakai akan menempel dan jika digunakan lagi maka akan timbul bau yang tidak sedap. Tak jarang, bau badan terjadi juga sebagai pertanda gejala penyakit tertentu. Untuk menghindari resiko bau badan, kamu dapat menghindari konsumsi rokok, alkohol, daging merah, kafein dalam jumlah berlebih yang dinilai dapat meningkatkan bau badan. Banyak minum air mineral juga salah satu solusi meringankan bau badan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: