Jangan Berlebihan Konsumsi Rumput Laut. Simak Faktanya Berikut

Scroll down to content

Bagi yang menyukai makanan Jepang, pasti sudah tidak asing dengan rumput laut atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan seaweed. Rumput laut merupakan tumbuhan yang tidak memiliki akar, batang dan daun sejati, dan masuk ke dalam kelompok algae. Rumput laut rata-rata berasal dari Asia yang tumbuh di atau dekat perairan asin. Umumnya, rumput laut mengandung banyak mineral sehat. Rumput laut banyak dijadikan sebagai pendamping makanan karena rasanya yang dinilai unik dan menambah cita rasa. Selain itu, untuk meningkatkan asupan vitamin dan mineral tanpa menambah banyak kalori. Wow!

Dilansir dari laman Hello Sehat, rumput laut menjadi asupan yang baik dari protein, karbohidrat, serat, mineral, dan asam lemak tak jenuh ganda. Tidak hanya itu, rumput laut juga mengandung nutrisi bermanfaat, termasuk Vitamin A, B, C, E, zat besi, yodium dan antioksidan, yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif dan mengurangi peradangan pada tingkat sel. Karena banyaknya nutrisi dalam rumput laut, manfaat yang dirasakan juga banyak, seperti :

  • Dapat membantu fungsi tiroid, seperti mengontrol dan melepaskan hormon untuk produksi energi, pertumbuhan, dan perbaikan sel.
  • Memperbaiki hipotiroidisme (tiroid yang kurang aktif), seperti perkembangan gondok, pembesaran kelenjar tiroid yang terlihat.
  • Membantu mengatasi diabetes seperti membantu mengatur kadar glukosa darah dan kadar insulin.
  • Menjaga kesehatan usus dan memperbaiki pencernaan
  • Membantu penurunan berat badan karena serat yang terkandung dalam rumput laut dapat menunda rasa lapar yang lebih lama.
  • Mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Manfaatnya memang banyak, namun berlebihan juga akan menimbulkan efek samping, seperti :

  • Masalah pencernaan seperti sakit perut, kembung, mual, dan diare.
  • Kelebihan yodium yang berdampak pada kulit seperti ruam pada kulit dan timbulnya jerawat.
  • Meningkatkan risiko tekanan darah dan penyakit jantung karena mengandung natrium yang tinggi jika dikonsumsi berlebihan.
  • Mati rasa, kesemutan, mual, dan diare.

Baiknya, mengkonsumsi rumput laut yang tepat adalah sekitar 4-12 gr setiap hari. Cara mengkonsumsi rumput laut setiap orang berbeda-beda, ada yang mencampurkannya ke makanan, ada pula yang menjadikannya sebagai cemilan. Nah, sekarang kamu sudah mengetahui takaran yang baik untuk konsumsi rumput laut, jangan sampai kelebihan yah!

Sumber: hellosehat

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: