Tips Sederhana Merawat Rambut dan Kulit Kepala

Scroll down to content

Rambut merupakan bagian dari organ tubuh berbentuk seperti helaian benang yang tumbuh di kulit dengan mengandung banyak keratin. Tidak hanya manusia, bahkan hewan pun memiliki rambut, karena rambut memiliki fungsi yang bermanfaat. Rambut memiliki peranan untuk melindungi kepala dari berbagai hal seperti bahaya benturan atau pukulan benda keras, paparan dari sinar matahari, dan tentunya sebagai mahkota yang indah bagi pria maupun wanita. Merawat rambut tidak hanya sekedar perawatan seperti shampoo, tetapi beberapa faktor lainnya juga mendukung kesehatan rambut, seperti kondisi kulit, faktor depresi, faktor hormon, faktor gizi, dan sebagainya. Banyak orang yang memiliki masalah pada rambut, namun hanya berfokus memperbaiki dengan mengubah perawatan. Pada kenyataan, daktor-faktor tersebut juga dapat mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Faktor-faktor tersebut jika tidak diperhatikan justru akan menimbulkan beberapa masalah pada rambut, seperti kerontokan, rambut tipis, rambut bermintak, timbul uban, kusam, ketombe, dan lainnya. Rambut juga membutuhkan nutrisi dari makanan yang masuk ke tubuh, seperti kacang, buah, sayur, dan lemak yang sehat. Penting untuk diketahui, bahwa gaya hidup seperti menggunakan narkoba, merokok, dan faktor genetik juga dapat merusak kesehatan rambut. Tentunya, kamu sudah mengenal jenis rambutmu. Jika pola gaya hidup sehat sudah dijalani dan permasalahan pada rambut tidak kunjung selesai, mungkin saja ada yang salah dalam menggunakan produk perawatan yang digunakan.

Berikut adalah beberapa tips dalam menggunakan produk perawatan untuk rambut, seperti :

  • Tidak menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung kandungan sulfat, karena sulfat dapat mengurangi volume pada rambut yang dapat mengakibatkan rambut menjadi tipis.
  • Jangan menggunakan produk dry shampoo terlalu sering, karena dapat merusak kulit kepala dan folikel mati, yang berujung pada kerontokan rambut.
  • Jangan terlalu sering menggunakan alat styling rambut seperti catokan atau hair dryer, karena dapat membuat rambut menjadi tipis. Kamu dapat menggunakan produk vitamin rambut sebelum menggunakan alat styling agar kesehatan rambut dapat terjaga.
  • Jangan menyisir rambut dalam keadaan basah, karena justru akan membuat rambut rentan rapuh dan menjadi rontok. Sisirlah rambut dalam keadaan kering dimulai dari ujung rambut.
  • Tidak eramas rambut setiap hari. Normalnya, keramas disarankan selama dua hari sekali, agar rambut tidak kehilangan minyak alaminya.

Keramas dengan air hangat dan air dingin juga memperngaruhi kesehatan rambut. Untuk kamu yang memiliki rambut kering disarankan keramas menggunakan air dingin yah. Air hangat justru akan menyebabkan kulit kepala dan rambut menjadi lebih kering. Selain itu, jangan lupa untuk minum air putih dengan jumlah yang cukup mampu membuat rambut tumbuh dengan akar yang kuat dan tidak kering atau bercabang.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: