Ikuti Cara Berikut Agar Terhindar Dari Cantengan Kuku

Scroll down to content

Kuku merupakan bagian tubuh manusia yang terdapat dan tumbuh pada ujung jari. Fungsi utama kuku yakni untuk melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Kuku jari baik tangan maupun kaki biasanya akan tumbuh dan memanjang ke atas secara alami. Namun, ada juga kasus kuku tangan ataupun kaki tumbuh tumbuh menjorok ke dalam, sehingga menusuk dan melukai kulit. Kondisi seperti ini dikenal oleh masyrakat dengan sebutan cantengan. Dalam bahasa medis, cantengan disebut juga sebagai Paronikia.

Paronikia atau cantengan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti infeksi jamur atau infeksi pada kuku, sebagai akibat dari trauma pada kuku dan sekitarnya. Kuku cantengan biasanya akan tumbuh pada salah satu sisi kuku atau ujung kuku ke dalam daging di sekitar kuku, ditandai dengan nyeri, bengkak, dan kemerahan, di area sekitar kuku. Cantengan paling sering terjadi pada ibu jari kaki. Cantengan merupakan kondisi yang umum terjadi dan tidak berbahaya. Namun, bila tidak ditangani dengan tepat tentu saja dapat terjadi infeksi. Cantengan bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti :

  • Memotong kuku dengan tidak benar, dan terlalu pendek. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit jari kaki tumbuh tidak normal dan menembus kulit.
  • Bentuk kuku yang seperti kipas menyebabkan kuku lebih mudah menusuk kulit.
  • Keringat pada kulit jari kaki bisa menyebabkan kuku menjadi lunak dan mudah rusak, sehingga terselip pada kulit.
  • Mengalami cedera seperti tersandung atau menendang benda keras dapat menyebabkan kerusakan kuku atau membuat kuku menancap pada kulit.
  • Menggunakan sepatu atau kaus kaki yang ketat dan sempit akan menekan kuku kaki, sehingga dapat menembus kulit.

Untuk mencegah terjadinya cantengan, kamu dapat melakukan sejumlah langkah, seperti tidak menggunakan sepatu yang terlalu sempit, tidak memotong kuku menjadi terlalu pendek. Baiknya, memotong kuku sebaiknya lurus mengikuti pola alami pada kuku. Kuku memang anggota tubuh yang kecil. Namun, bagian terkecil jika disepelekan akan berujung parah jika dibiarkan. Banyak loh kisah seseorang yang harus dioperasi karena cantengan.

Maka dari itu, sayangilah anggota tubuhmu, baik itu kuku sekalipun. Bagi yang sudah pernah merasa cantengan, pasti tau rasanya sangat tidak nyaman, bukan? Kamu bisa mencoba tips diatas agar terhindar dari cantengan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: