Tips Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Ketergantungan Obat

Scroll down to content

Menstruasi merupakan kejadian alamiah yang terjadi pada tubuh wanita. Hal yang paling menyebalkan ketika menstruasi tentunya adalah rasa nyeri atau kram pada perut. Nyeri haid disebut juga sebagai dismenore. Rasa nyeri ini terjadi sebagai akibat dari rahim berkontraksi  untuk melepaskan dinding yang ia tak lagi perlukan. Bagi sebagian perempuan nyeri menstruasi bersifat ringan, tapi bagi sebagian perempuan lain rasa nyeri bisa lebih parah. Intensitasi nyeri  yang dirasakan bisa sebentar namun ada juga yang bertahan dalam waktu lama. Berikut adalah tips untuk menghindari kram nyeri mentsruasi tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan :

  • Makan Makan Berserat

Makanan berserat akan membantu mengimbangi gula darah dalam tubuh, sehingga peredaran darah kotor menstruasi lancar tanpa terasa sakit.

  • Kompres Perut

Menerapkan panas ke area perut mampu meredakan nyeri yang kamu rasakan. Kamu bisa mengisi air hangat kedalam botol atau bantal pemanas untuk ditempelkan ke bagian perut. Panas yang dihantarkan ke perut dapat mengendurkan otot dan meredakan kram.

  • Olahraga Ringan

Olahraga ringan justru dianjurkan saat nyeri karena mampu meringankan rasa sakit. Contohnya seperti berjalan-jalan atau melakukan yoga akan membantu. Melalui olahraga, kamu akan melepaskan endorfin yang merupakan hormon penghilang rasa sakit alami.

  • Mengoleskan Minyak esensial

Minyak essensial tidak hanya untuk mengharumkan ruangam, namun juga dapat digunakan sebagai minyak pijit. Memijit menggunakan campuran minyak esensial untuk kram perut disarankan yang terdiri dari kayu manis, cengkeh, lavender, dan mawar dalam basis minyak almond.

Olahraga teratur, istirahat cukup, serta mengelola stres dengan baik dapat membantu mengurangi nyeri saat haid dan membuat menstruasi lebih teratur. Selain itu, meminum dan menghirup aroma teh chamomile dapat membantu mengurangi nyeri saat haid. Teh chamomile mengandung zat antiinflamasi yang dapat menghambat nyeri, kram, dan meredakan rasa sakit. Jika sudah melakukan hal tersebut, ternyata nyerinya tidak usai, ada baiknya kamu memeriksakan dirimu ke dokter terkait yah. Biasakan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: