Bahan Kimia Dibalik Indahnya Warna-Warni Cat Rambut

Scroll down to content

Memiliki warna rambut menawan tentu saja menunjang penampilan. Tak heran, banyak orang yang suka berganti warna rambut dari warna satu ke warna lainnya. Kadang, tidak hanya satu warna, melainkan multi warna alias warna warni. Karena banyaknya yang melakukan ini, maka terasa biasa aja. Namun, tahukah kamu bahwa cat rambut mengandung zat berbahaya yang menggangu kesehatan tubuh. Sebelum membahas apa saja bahayanya, ketahui terlebih dahulu kandungan zat yang ada pada cat rambut. Cat rambut yang biasa dijual merupakan cat rambut sintetis yang terbuat dari beberapa kandungan zat kimia,seperti :

  • Paraphenylenediamine (PPD), yang dapat mengakibatkan reaksi alergi atau masalah kulit. Jika terpapar oleh kulit, dapat menimbulkan luka bakar pada area paparan. Aja pula produsen yang telah mengganti istilah PPD menjadi istilah lain.
  • Hidrogen peroksida, yang dapat membuat rambut semakin mengembang dan mengeras.
  • Resorsinol, yang berbahaya untuk kulit yang dapat memicu terjadinya reaksi alergi.
  • Amonia, dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan sehingga sering kali dianggap racun. Beberapa cat rambut telah mengganti amonia dengan ethanolamine sehingga lebih aman.
  •  DMDM Hydantoin, yaitu zat pengawet yang hampir ada di semua cat rambut,  yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Penggunaan cat rambut yang sering, tentu tidak lepas dari efek negatif. Berikut adalah beberapa bahaya cat rambut bagi kesehatan tubuh, antara lain :

  • Menyebabkan iritasi kulit, seperti kulit kepala, wajah dan leher. Orang yang telah mengalami iritasi kulit karena cat rambut biasanya merasakan gatal atau perih di bagian yang teriritasi.
  • Mata memerah jika ada zat yang terkena bagian mata. Itulah mengapa menggunakan cat warna rambut harus dilakukan secara hati-hati.
  • Memicu reaksi alergi seperti gatal-gatal dan ruam pada kulit.
  • Menurunkan tingkat kesuburan, karena menggangu fertilitas.
  • Membahayakan janin untuk ibu hamil,  karena zat kimia yang terkandung dapat memengaruhi tumbuh kembang dan keselamatan bayi.

Yang lebih parah adalah dapat menyebabkan munculnya kanker. Mengapa? Karena zat-zat kimia yang ada di dalam cat rambut memiliki sifat karsinogen. Nah, untuk kamu yang ingin mencoba mewarnai rambut, kamu bisa mencoba opsi lain dengan menggunakan bahan pewarna rambut yang terbuat dari bahan alami dan organik. Berbagai bahan alami ini umumnya tidak mengandung racun seperti yang terdapat pada produk berbahan kimia.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: