Ini Dia 7 Makanan dan Minuman Terbaik saat Terserang Flu

Scroll down to content

Saat Anda mengalami flu, badan terasa serba tak enak karena hidung tersumbat, disertai sakit kepala dan tenggorokan, kadang pula diikuti demam. Kalau sudah begitu, biasanya hasrat makan pun menyusut.

Namun ada beberapa jenis makanan yang justru layak Anda konsumsi karena akan meredakan flu Anda.

Dikutip dari laman kesehatan WebMD, jenis makanan tertentu akan membantu tubuh Anda lebih cepat pulih dari flu.

Berikut makanan yang baik Anda makan saat terserang flu.

Es loli
Sebelum sembarangan makan atau minum es loli, ingat dan perhatikan, yang dimaksud adalah es loli yang terbuat dari 100% jus buah. Ini untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi dan bukan air gula. Anda bisa membuatnya sendiri dan membekukannya.

Jus Sayuran
Karena bisa jadi Anda tak bersemangat membuat dan makan salad untuk pulih dari flu, maka cobalah segelas jus sayuran rendah sodium sebagai gantinya. Anda akan mendapatkan antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan dan pertahanan tubuh dari kuman.

Sup ayam
Makanan ini akan membantu Anda mendapatkan cairan yang Anda butuhkan, dan juga gizi. Sejumlah bukti ilmiah menunjukkan bahwa sup ayam dapat membantu proses penyembuhan.

Sup ayam panas juga dapat meningkatkan fungsi bagian-bagian kecil dari tubuh Anda–seperti rambut bagian hidung–untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus. Tapi hasil studi ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

Bawang putih
Bawang putih bisa jadi pilihan terbaik untuk membumbui makanan seperti sup. Bawang putih dilansir dari WebMD memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu mengurangi flu atau pilek yang Anda alami. Tapi manfaat tersebut masih memerlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikannya.

Jahe
Jenis rempah yang satu ini dapat membantu meredakan sakit perut dan mual Anda. Beberapa penelitian menyarankan konsumsi jahe untuk mengatasi peradangan.Anda bisa menambahkan jahe ke makanan lain, bisa diparut atau dijadikan bubuk. Atau, pilihan lain adalah meminum jahe dengan memipihkan atau menggepreknya terlebih dulu.

Teh panas
Minumlah teh hijau, oolong atau teh hitam untuk mendapatkan antioksidan. Hirup uap untuk membantu melancarkan hidung tersumbat. Anda bisa menambahkan sesendok madu dan perasan lemon untuk meredakan sakit di tenggorokan.

Sumber : CNN Indonesia
Foto : my24hours.net

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: