Beragam Manfaat Kopi Mulai Turunkan Risiko Kanker, Obesitas, hingga Masalah Jantung

Scroll down to content

Kopi selalu menjadi minuman favorit banyak orang. Kopi ternyata memiliki segudang manfaat kesehatan, salah satunya mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa kopi bisa menjadi bagian gaya hidup sehat Anda. Manfaat kopi ternyata cukup banyak.

Para penulis penelitian yang berasal dari beberapa sekolah kedokteran termasuk Harvard T.H. Chan School of Public Health melakukan rujukan pada lebih dari 95 studi berbeda.

Hasilnya, kopi dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan termasuk menurunkan risiko obesitas.

Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang disebut dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan daya pembakaran kalori pada sistem pencernaan.

Dilansir dari Suara, kafein juga dapat meningkatkan fokus mental dan juga bermanfaat bagi kesehatan otak, terutama seiring bertambahnya usia yang dikaitkan dengan penurunan risiko Parkinson.

Selain itu, kopi dalam jumlah sedang juga terkait dengan risiko depresi dan bunuh diri yang lebih rendah.

Kopi juga dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari banyak penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular, penyakit hati, kanker payudara, kanker prostat, dan beberapa jenis kanker kulit.

Selain kafein, kopi mengandung senyawa lain yang dapat memengaruhi kesehatan.

Contohnya dalah polifenol yang dapat mengurangi peradangan, meningkatkan bakteri usus, meningkatkan metabolisme, dan memoderasi gula darah.

Namun, tidak semua senyawa alami dalam kopi bermanfaat. Salah satu fitokimia bernama cafestol dalam kopi malah dapat meningkatkan kolesterol.

Terlalu banyak kafein juga dapat membuat gelisah. Meski begitu, kopi umumnya dianggap aman.

Sementara dalam dosis yang sangat tinggi (puluhan cangkir kopi) bisa berbahaya dan bahkan berakibat fatal.

Sumber : Suara
Foto : Istocks

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: