Ini Lima Wewangian yang Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Scroll down to content

Bagi Anda yang mengalami kesulitan tidur bisa menggunakan cara ini. Ada yang harus mendengarkan suara-suara, membiarkan lampu kamar tetap menyala, memeluk benda seperti bantal dan guling, atau harus mencium wewangian yang dapat menenangkan.

Dari sekian cara itu, indera penciuman ternyata berpengaruh besar membuat tidur lebih nyenyak. Menurut pakar aromaterapi dari New York Institute for Aromatic Studies, Amy Galper, menyebutkan, sejumlah aroma memang dapat membantu tidur nyenyak.

“Ini masuk akal, mengingat bahwa saraf seseorang mungkin akan meningkat sebelum waktu tidur, karena pikiran akan mencoba menenangkan dirinya sendiri,” ujar Galper dilansir melalui wellandgood.

Simak lima rekomendasi wewangian dari Galper.

Clary Sage
Clary sage mampu mengatasi efek kegelisahan, baik fisik maupun mental. Jika kita tidak bisa berhenti memikirkan sesuatu dan merasa tidak nyaman secara fisik, aroma minyak esensial yang menenangkan ini mungkin berguna.

“Ini adalah salah satu favorit saya karena memiliki sifat antispasmodik. Jadi stres yang muncul di tubuh kita, dapat dikurangi dengan memijat dengan minyak di bagian belakang leher, bahu, kaki, di titik tubuh manapun yang kita rasa tegang,” kata Galper.

Lavender
Kekuatan menenangkan lavender sudah cukup terkenal karena mampu meninabobokan seseorang ke dalam tidur nyenyak. “Anti-inflamasi, menghilangkan rasa sakit, dan menenangkan sistem saraf, lavender membagikan molekul yang mampu membuat tubuh rileks dan menenangkan pikiran dari pemikiran yang terlalu aktif,” kata Galper.

Meskipun cara pemakaian minyak esensial lavender adalah dengan langsung disebarkan, namun juga dapat diintegrasikan dengan cara lain. Misalnya, kita bisa membeli semprotan bantal lavender, minum teh lavender, mandi dengan tablet uap lavender, berbaring di ladang lavender raksasa atau cara apapun yang masuk akal bagi kita.

Mawar
Mawar memiliki dua peran yang sangat menarik dalam hal tidur. Penelitian menyebut aroma mawar secara alami membuat rileks dan berpotensi membantu meredakan tingkat stres. Penelitian juga menunjukkan aroma mawar dapat membantu meningkatkan pembelajaran saat tidur. Jadi, misalnya ada presentasi karya besar esok hari, maka malam harinya aroma mawar dapat membantu mempelajarinya dengan lebih baik dan juga menenangkan saraf saat tidur.

Chamomile
Chamomile memiliki kekuatan yang sangat besar untuk menenangkan pikiran dan tubuh, dan ini menjelaskan mengapa teh chamomile sangat bermanfaat untuk diminum sebelum tidur.

“Chamomile adalah anti-inflamasi dan anti-spasmodik. Jadi, sangat menenangkan sistem saraf, terutama ketika emosi karena ketika emosi kita cenderung membebani usus kita. Sangat bagus untuk merilekskan kekakuan otot yang disebabkan oleh ketegangan saraf,” kata Galper.

Wangi pasangan
Percayalah, ini adalah suatu temuan berharga. Dalam studi terbaru yang diterbitkan di Psychological Science, dipilih 155 peserta menghabiskan dua malam dengan aroma pasangan mereka dan dua malam dengan aroma terapi. Hasilnya menunjukkan bahwa tidur dengan aroma pasangan mereka menyebabkan efisiensi tidur rata-rata meningkat lebih dari dua persen, peningkatan yang mirip dengan efek melatonin pada tidur. Jika kita sedang berjauhan dengan pasangan kita, meringkuk dengan kaus mereka akan membuat istirahat malam lebih nyenyak.

Sumber : Republika
Foto : Hellosehat

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: