Plank, Olahraga Sederhana Sejuta Manfaat

Scroll down to content

Semua orang mengetahui bahwa olahraga yang ampuh untuk mengatasi perut buncit adalah sit-up. Namun, tidak semua orang mengetahui bahwa ada olahraga lain yang lebih sederhana untuk mengatasi perut buncit, yaitu olahraga plank. Plank merupakan salah satu bentuk olahraga yang dapat memperkuat otot inti tubuh, membantu membentuk otot di sekitar perut dan pinggang, serta memperbaiki postur tubuh secara keseluruhan. Plank sangat mudah dilakukan yaitu dengan menempatkan kedua sisi tangannya, termasuk siku, di permukaan lantai atau tanah, kemudian meletakkan bagian tubuh lainnya seperti ingin push-up, dan harus bertahan selama beberapa detik. Meskipun terlihat gampang, saat menjalankan tidak semudah itu, loh! Baik pria ataupun wanita sama-sama menyukai olahraga ini. Selain tidak banyak gerakan, juga bisa dilakukan dimana saja.

Ketika melakukan plank, biasanya perut akan terasa seperti tertekan, yang menandakan otot sedang bereaksi. Olahraga ini juga diterapkan dalam sesi latihan para atlet, mulai dari pesepak bola, pelari, hingga atlet pencak silat. Meskipun plank gampang dilakukan dan hanya butuh beberapa detik saja, tidak berarti hal ini akan lebih baik jika dilakukan berlama-lama, seperti bertahan beberapa menit. Semakin lama melakukan plank, bukanlah tolak ukur akan semakin baik. Baiknya, plank dilakukan selama 15-30 detik per sesinya. Sebelum mengganti ke sesi lainnya, jangan lupa untuk istirahat selama 2-3 menit sebelum melanjutkannya kemudian ulangi hingga 10 kali. Nah, inilah manfaat yang dapat kamu rasakan, kalau rutin melakukan plank :

  • Membantu memperkuat dan menstabilkan otot inti, mengencangkan otot pada bagian kaki, lengan, paha, serta bokong, membakar kalori lebih banyak.
  • Membentuk otot dengan cara yang sederhana dan tak memaksa pinggulmu untuk bekerja keras, menguatkan otot dan tulang punggung.
  • Memperbaiki postur tubuh, menjaga tulang dalam posisi benar, terlihat lebih tinggi dan ramping, sehingga tampil dengan lebih percaya diri.
  • Membuat tubuh lebih fleksibel dan meningkatkan postur paha belakang serta lengkungan kaki.
  • Melatih tubuh agar bisa menggunakan perut untuk menstabilkan gerakan kita, seperti ketika sedang berlari, berenang, bersepeda hingga mendaki, perut yang kuat bisa memaksimalkan gerakan-gerakan

Dengan rutin melakukan plank, seluruh otot di tubuh dibentuk untuk bekerja sama. Tidak semua orang mampu melakukan plank. Jangan memaksakan dirimu jika kamu tidak sanggup. Sebelum melakukannya, lebih baik kamu mencari tahu terlebih dahulu jenis-jenis dan cara yang tepat untuk melakukannya. Hal ini untuk mencegah terjadinya resiko cedera saat atay sesudah melakukan plank. Imbangi dengan  pola makan yang sehat, dan olahraga yang rutin. Kamu akan melihat perubahan pada dirimu beberapa bulan setelahnya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: