Tips Usai Berolahraga Lebih Baik Mandi dengan Air Dingin

Scroll down to content

Bagi Anda yang rutin melakukan aktivitas olahraga di tengah pandemi Covid-19 perlu memperhatikan kesehatan pasca aktivitas fisik.

Melengkapi olahraga yang membuat keringat bercucuran, aktivitas mandi biasanya menjadi salah satu pilihan yang selalu dilakukan setelahnya.

Mandi, apalagi dengan air hangat, dianggap bisa membuat tubuh lebih rileks, menghilangkan rasa sakit, dan nyeri pada otot.

Meski membawa banyak manfaat dan kenikmatan, namun justru mandi air dingin lebih disarankan untuk dilakukan setelah berolahraga.

Instruktur olahraga Emma Obayuvana menjelaskan mandi dengan air dingin setelah berolahraga bertujuan untuk memulihkan tubuh. Mandi dengan air dingin juga dipercaya membantu mengurangi otot yang bengkang. Prinsip ini mirip dengan mengaplikasikan kompres es batu.

“Mandi air dingin mengurangi inflamasi pada otot, bengkak dan rasa sakit,” imbuh Obayuvana mengutip dari CNN Indonesia.

Merujuk pada studi, Obayuvana melanjutkan, mandi air dingin dapat memicu pelepasan neurotransmitter yang bisa meningkatkan suasana hati. Dengan mandi air dingin, Anda bisa lebih berenergi dan tetap waspada dengan suasana hati yang lebih baik.

Instruktur olahraga lainnya, Kerry Dixon juga menjelaskan, hal ini tak terlepas dari fakta bahwa air dingin mampu mempersempit pembuluh darah. Saat pembuluh darah menyempit, ada penurunan aktivitas metabolisme yang mengurangi pembengkakan dan kerusakan jaringan.

“Setelah mandi tubuh Anda akan menghangat kembali, darah mengalir kembali ke otot yang terdampak. Ini membantu membuang produk sampingan yang tidak diinginkan seperti asam laktat dengan lebih efisien,” jelasnya.

Jika dilakukan secara konsisten, seiring waktu berjalan cara ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan tubuh Anda.

Sumber : CNN Indonesia
Foto : Intanzu

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: