Ikan Membuat Anak Lebih Cerdas? Mitos atau Fakta?

Scroll down to content

Sebagai orangtua sudah seharusnya merawat buah hati dengan memberikan makanan-makanan yang penuh gizi dan nutrisi. Salah satunya adalah ikan. Rutin mengkonsumsi ikan dapat membuat anak tumbuh cerdas karena ikan memiliki kandungan yang berperan dalam pembentukan otak anak. Ikan laut merupakan sumber protein, lemak yang baik, omega 3 dan omega 6. Selama ini, konsumsi ikan untuk anak dianggap hanyalah mitos. Namun, sebenarnya berperan penting dalam pembentukan dan perkembangan sel otak, serta meningkatkan kecerdasan anak.

Tidak hanya ikan saja loh yang dapat membantu mencerdaskan otak anak, kamu dapat mencobanya dengan mengganti variasi makanan dengan campuran makanan berikut agar anak tidak bosan, contohnya seperti :

  • Telur, kuning telur bahkan mengandung kolin yang sangat baik untuk perkembangan otak.
  • Sayuran, seperti tomat, wortel, kubis, labu, brokoli adalah sayuran yang kaya akan antioksidan dan sangat baik dalam mencerdaskan otak anak, dan meningkatkan tumbuh kembang fisik maupun psikis anak.
  • Susu atau olahannya, kandungan protein tinggi, vitamin D dan vitamin B yang berperan aktif dalam menjaga dan memperbaiki sel-sel di otak.
  • Kacang hijau, mengandung vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potassium, magnesium, mangan, fosfor, tembaga dan thiamin yang semuanya penting bagi kesehatan tubuh khususnya penting bagi otak.

Tidak hanya baik untuk anak, konsumsi ikan juga bagus untuk orang dewasa. Berikut adalah beberapa manfaat lain dalam mengkonsumsi ikan, seperti menurunkan risiko gangguan jantung, membantu menjaga kesehatan jantung, membantu menekan tingkat lemak pada darah. Sehingga, risiko penyakit jantung atau gangguan lain pun akan menurun pula. Selain itu, ikan juga mengandung asupan vitamin D sangat penting dipenuhi untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah serangan penyakit yang berkaitan dengan tulang. Asam lemak omega 3 yang ada pada ikan dapat membantu menjaga kulit dan rambut tetap tampak sehat.

Tidak perlu setiap hari untuk memberikan ikan kepada anak, cukup dengan asupan satu minggu sekali. Yang perlu diperhatikan adalah cara mengolah makanan tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal bagi anak. Artinya, sebagai orangtua harus memastikan bahwa ikan dan sayuran pendukung lainnya diolah dengan tepat. Sebagai contoh, misalnya ikan tidak hanya selalu digoreng atau dibakar, untuk mencegah adanya lemak berbahaya yang mengancam tubuh.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: